Viral Fenomena Garis Cahaya Melengkung Di Langit Jaksel, Begini Faktanya

0

Viral Fenomena Garis Cahaya Melengkung Di Langit Jaksel, Begini FaktanyaGaekon.com – Fenomena garis cahaya berwarna putih melengkung di langit Jagakarsa, Jakarta Selatan hebohkan warganet. Banyak dari mereka yang mengaitkan fenomena tersebut dengan penyebaran racun.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, menurut penjelasan Kadispen AU Marsma Indan Gilang Buldansyah, fenomena itu tidak ada kaitannya dengan penyebaran racun.

Gilang menjelaskan bahwa fenomena garis putih itu dikenal dengan jejak kondensasi pesawat terbang atau condensation trail (contrails).

“Ini merupakan hasil dari pengembunan udara dengan kadar air tinggi yang bergesekan dengan mesin pesawat. Ada juga yang menyebutnya dengan vapor trails tapi jika bentuknya mulai berpendar atau melebar seperti awan biasa juga disebut dengan aviaticus cloud,” terang Gilang.

Tak hanya itu, Gilang mengatakan bahwa ada sejumlah misi penerbangan dengan membawa bahan kimia dengan tujuan tertentu. Misalnya, pesawat membawa NaCl (Natrium Klorida) untuk disebar di daerah yang berawan dengan tujuan mempercepat terjadinya hujan.

“Misi pemadaman kebakaran suatu area. Penyebaran pupuk atau anti hama untuk area perkebunan,” pungkasnya.

Sebelumnya beredar sebuah video yang memperlihatkan garis cahaya berwarna putih melengkung di langit Jagakarsa. Dalam video yang beredar, garis itu terlihat muncul di atas perumahan warga. Video tersebut mulai beredar luas di media sosial pada Kamis (9/9).

“Di atas langit Jagakarsa racun disebar. Parah banget,” ujar suara dalam video tersebut.

D For GAEKON