Fenomena Langit Yang Indah dan Langka Di Bulan April, Jangan Lupa Catat Tanggalnya! Mulai Malam Ini!

0

Peraturan pemerintah yang mengharuskan #dirumahsaja membuat kita merasa bosan. Apalagi sudah berapa lama kita melakukan physical distancing? ‘Jenuh’ pasti kata pertama yang ada dalam benak. Bagaimana tidak, dalam waktu 24 jam kita hanya bisa beraktivitas penuh di dalam rumah.

Bekerja diluar yang biasanya digunakan untuk hiburan karena bertemu dengan rekan, kali ini bekerja di rumah hanya bisa berdiam diri duduk di ruang keluarga maupun ruang tamu. Teman mengobrol setiap hari juga hanya dengan keluarga inti.

Meskipun seringkali bisa bercanda dengan rekan kerja melalui phonecall. Namun dengan #dirumahsaja bisa membuat kita menjadi stres tiba-tiba, karena merasa jenuh dan terkekang. Jangan khawatir, stres yang tiba-tiba melanda bisa hilang begitu saja dengan melihat pemandangan langit bulan ini.

Setiap bulan memang selalu ada peristiwa langit yang bisa disaksikan. Begitu juga dengan bulan April. Pada bulan ini ada beberapa peristiwa langit terbaik. Seperti yang dikutip GAEKON dari berbagai sumber, berikut fenomena langka dan Indah Langit April 2020.

  • Supermoon atau full pink moon pada 7 hingga 8 April 2020

Diawal bulan April tepatnya malam ini, langit akan menunjukkan fenomenanya yang begitu indah. Iya! Supermoon atau full pink moon akan hadir menyapa kita. Memang Feburari sampai Maret lalu kita telah disuguhi oleh supermoon, yaitu fenomena di mana Bulan terlihat lebih besar daripada biasanya di saat purnama. Namun puncak dari fenomena tersebut akan terjadi pada bulan ini, tepatnya 8 April 2020. Bahkan pada tanggal 7 April 2020 lalu kita sebenarnya juga sudah bisa menyaksikannya.

Berbeda dengan bulan sebelumnya, Supermoon kali ini disebut juga dengan full pink moon karena Bulan akan tampak bersemu merah muda di angkasa. Benda langit tersebut akan terbit tepat setelah Matahari terbenam.

Untuk melihat fenomena full pink moon ini tidak begitu sulit. Karena saat kemunculan itu, bulan akan membuat langit malam menjadi sangat terang dari biasanya, jadi fenomena full pink moon akan terlihat lebih jelas.

  • Konjungsi Bulan, Jupiter, dan Pluto pada 15 April 2020

Untuk yang sudah ketinggalan di awal bulan ini, jangan khawatir. Karena fenomena lainnya masih akan menghiasi langit di bulan April. Seperti Konjungsi Bulan, Jupiter, dan Pluto akan menampakkan dirinya pada 15 April 2020 satu minggu setelah fenomena supermoon full pink moon.

Ketiganya akan terlihat sangat dekat antara satu sama lain. Karena hanya terpisahkan jarak 1,57 derajat jika dilihat dari Bumi. Jupiter akan terlihat seperti cahaya kecil berwarna kuning cerah. Sementara itu Pluto terlihat lebih kecil lagi dari Jupiter.

Fenomena ini terlihat sangat kecil sekali apabila kita melihatnya dengan mata telanjang. Maka dari itu agar terlihat jelas, sebaiknya kita mengamatinya dengan teropong. Waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena ini adalah dini hari, sekitar pukul 01.30. ketiga benda langit ini akan terlihat di langit bagian timur hingga Matahari terbit. 

  • Bulan, Mars, dan Saturnus membentuk formasi segitiga pada 16 April 2020

Tidak berhenti di Konjungsi Bulan, Jupiter, dan Pluto saja. Fenomena langka lainnya masih terus berlanjut di hari berikutnya, yaitu 16 April 2020. Pada malam tersebut Bulan akan dikunjungi oleh Mars dan Saturnus. Ketiga benda langit tersebut akan membentuk formasi segitiga.

Mars tampak seperti bintang yang kemerahan sedangkan Saturnus terlihat berwarna kuning terang. Saturnus akan memancarkan cahayanya saja apabila dilihat dengan mata telanjang. Namun jika kita menggunakan teleskop, maka cincin Saturnus akan terlihat semakin jelas.

Untuk menikmati fenomena ini mata kita harus terjaga saat dini hari. Karena fenomena ini bisa diamati pada pukul 02.30 waktu setempat. Fenomena ini bisa ditemukan di langit bagian timur.

  • Komet Atlas diprediksi akan melintas pada 18 April 2020

Dua hari setelah menikmati fenomena Bulan, Mars, dan Saturnus membentuk formasi segitiga, kita akan menikmati fenomena yang lebih menajubkan. Iya! Saat tanggal 18 April 2020 kita akan mengamati komet Atlas.

Tahun ini komet Atlas memang menjadi komet yang paling terang. Atlas ini sudah diprediksi akan berulang kali melintasi Bumi di tahun ini. Bulan lalu, seorang astrofotografer bahkan telah mengabadikannya.

Bintang berekor ini diprediksi akan melintas kembali pada 18 April atau 23 April 2020. Terdapat dua kemungkinan tanggal tersebut komet adalah benda langit yang sulit untuk diprediksi, sehingga ketika kita bisa melihatnya, itu merupakan sebuah keberuntungan. Terlebih lagi, kita tidak tahu kapan ia akan kembali melintasi Bumi karena benda langit tersebut hanya tampak sekali dalam beberapa tahun.

  • Puncak hujan meteor Lyrid pada 22 April 2020

Bagi yang ketinggalan di bulan lalu, jangan resah. Karena hujan meteor Lyrid akan kita temui lagi di bulan ini, tepatnya 22 April 2020.

Dikenal dengan nama Lyrid, karena peristiwa ini terjadi tepat pada rasi bintang Lyra yang memiliki Vega sebagai bintang terbesarnya. Selama puncak fenomena ini terjadi, kamu akan disuguhi sekitar 18 meteor per jamnya.

Hujan Meteor Lyrid akan terlihat jelas di tahun ini, karena Bulan sedang dalam fase baru. Langit pun cukup gelap. Fenomena ini dapat diamati sejak pukul 00.00 waktu setempat dan berada di langit bagian utara, tepat di mana rasi bintang Lyra berada.

Komet Atlas akan tampak berwarna hijau terang berekor abu-abu dan kabarnya akan melesat di antara rasi bintang Capella dan Polaris. Agar lebih terlihat jelas, jangan lupa menyiapkan teropong atau teleskop.

  • Waktu terbaik mengamati galaksi Pinwheel dan Whirlpool pada 24 April 2020

Fenomena yang satu ini akan seru sekali. Karena kita akan menyaksikan dua galaksi sekaligus, yakni Pinwheel dan Whirlpool. Catat Tanggalnya! Kita akan mengamati fenomena langka tersebut tanggal 24 April 2020.

Untuk dapat mengamatinya, Pertama kita harus mencari rasi bintang Big Dipper yang ada di langit sebelah utara. Salah satu bintang penyusunnya adalah Alkaid yang berada di bagian paling bawah rasi bintang tersebut. 

Pinwheel terletak di sebelah kiri Alkaid sedangkan Whirlpool berada di atas bintang tersebut. Kedua galaksi akan terlihat mirip dengan Bulan karena jaraknya yang sangat jauh. Namun kita akan menyadari adanya cahaya yang tersebar di sekeliling mereka. Untuk waktunya, fenomena ini bisa diamati sepanjang malam. 

  • Venus tampak sangat terang pada 28 April 2020

Di akhir bulan April kita akan tetap dimanjakan dengan fenomena langit yang indah. Empat hari setelah kemunculan dua galaksi Pinwheel dan Whirlpool, saat tanggal 28 April 2020 kita akan mengamati fenomena venus yang tampak terang di langit.

Langit April akan ditutup dengan sang bintang kejora, Venus. Planet ini akan memancarkan cahaya yang sangat terang. Fenomena ini bisa diamati sejak waktu senja. Sambil menyeduh teh atau membaca buku, venus juga akan turut bergabung menemani santai saat senja.

Fenomena langka dan indah tersebut akan menemani kita di bulan April. Jangan khawatir jenuh dan stres hanya karena physical distancing. Kita tetap bisa memanjakan mata meskipun hanya #dirumahsaja. Jangan lupa catat tanggalnya!

KL For GAEKON