Filipina Temukan Kasus Pertama Varian Lambda, Kemenkes Filipina Ingatkan Masyarakat Agar Ketat Prokes

0

Filipina Temukan Kasus Pertama Varian Lambda, Kemenkes Filipina Ingatkan Masyarakat Agar Ketat ProkesGaekon.com – Departemen Kesehatan (DOH/Kementerian Kesehatan) Filipina menemukan kasus pertama Covid-19 yang diduga virus varian Lambda. Proses tracing dan investigasi kasus Lambda itu kini sedang berjalan.

Melansir dari Suarasurabayamedia, DOH FIlipina menemukan kasus pertama virus Corona varian Lambda pada Minggu (15/8). Virus tersebut ditemukan pada seorang wanita berusia 35 tahun.

Wanita tersebut tengah diverifikasi apakah ia warga Filipina yang tidak bepergian atau sudah kembali dari luar negeri baru-baru ini.

DOH Filipina menjelaskan, kasus pertama Lambda itu tidak menunjukkan gejala dan dinyatakan pulih setelah menjalani isolasi selama 10 hari.

Proses tracing dan investigasi kasus Lambda itu pun sedang berjalan. Kementerian Kesehatan Filipina mengingatkan seluruh masyarakat agar secara ketat mematuhi protokol kesehatan, menyusul kasus pertama Lambda tersebut.

Sebelumnya, pada 14 Juni lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan virus corona varian Lambda sebagai “variant of interest” yang pertama kali diidentifikasi di Peru pada Desember 2020 lalu.

Varian of Interest merupakan kategori pertama yang diartikan varian memiliki mutasi yang memengaruhi sifat penularan, kepekaan alat tes, keparahan gejala, hingga kemampuan virus menghindari sistem imunitas.

“[Varian Lambda] memiliki potensi untuk mempengaruhi penularan SarS-CoV-2 dan saat ini sedang dipantau untuk kemungkinan signifikansi klinisnya,” kata DOH.

D For GAEKON