Forkami Layangkan Somasi Untuk Tri Suaka Dan Zinidin Zidan

0

Forkami Layangkan Somasi Untuk Tri Suaka Dan Zinidin ZidanGaekon.com – Tri suaka dan Zinidin Zidan kembali terjerat masalah. Para penyanyi dan pencipta lagu yang tergabung dalam Forum Komunikasi Artis Minangkabau Indonesia (Forkami) melayangkan somasi kepada keduanya.

Somasi Terkait Pembagian Royalti

Melansir dari Kompas, Somasi pertama berupa permintaan maaf telah diterima pihak Forkami. Namun, Ketua Advokasi Forkami, Arianto menilai ada beberapa poin yang diabaikan.

Kemudian somasi kedua Forkami adalah menyangkut kesepakatan pembagian royalti dari lagu-lagu yang di-cover dan dikomersialkan oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan selama ini.

“Di poin kedua, kita meminta Tri Suaka menghitung royalti kepada seniman-seniman yang lagunya dipakai selama ini,” kata Arianto.

Menurut Arianto, pihak Tri Suaka masih enggan menanggapi poin kedua somasi, yakni terkait permintaan hak pencipta lagu sebesar Rp 1 miliar per lagu.

Arianto bakal melaporkan Tri Suaka dan Zidan ke polisi apabila tidak ada tanggapan dalam tujuh hari. Para pencipta musik dan penyanyi lagu Minang sebenarnya sangat terbuka untuk mencari jalan keluar lewat negosiasi dengan pihak Tri Suaka.

“Mereka wajib membayar, berapapun itu nanti kesepakatannya, tergantung dia (pihak Tri Suaka) dengan pencipta lagu. Kalau kami hanya menyampaikan solusi saja. Tapi, nanti pencipta lagu dan tim Tri Suaka yang mengatur,” ucap Arianto.

Arianto mengungkapkan, masalah ini sebenarnya akan lebih mudah terselesaikan apabila pihak Tri Suaka bersedia diajak bernegosiasi secara damai.

“Kita tak ingin juga melakukan hal-hal yang mereka tidak mampu. Ya, kita kembalikan lagi ke seniman. Intinya adalah kesepakatan mereka dengan pencipta lagu. Itu yang terpenting,” lanjutnya.

D For GAEKON