Gaduh Wayang Basalamah, Gus Miftah Dan Ki Warseno Minta Maaf

0

Gaduh Wayang Basalamah, Gus Miftah Dan Ki Warseno Minta MaafGaekon.com – Penceramah Gus miftah dan dalang Ki Warseno Slank menyampaikan permohonan maafnya soal wayang lakon yang menyerupai penceramah Khalid Basalamah.

Melansir dari CNN, Gus Miftah yang bertanggung jawab pada pentas wayang, menyampaikan permintaan maaf atas kegaduhan tersebut. Pasalnya, pertunjukan wayang dipesantrennya itu banjir kritikan warganet.

Gus Miftah Bukan Minta Maaf Atas Pentas Wayang, Tapi Karena Kegaduhan

Meski demikian, Gus Miftah mengaku minta maaf bukan atas pentas wayang yang ia gelar melainkan atas kegaduhan yang timbul setelahnya.

“Ok fine. Saya minta maaf atas kegaduhan yang terjadi, bukan karena nanggap wayangnya!” kata Gus Miftah dalam akun Instagram miliknya @gusmiftah.

Gus Miftah menerangkan bahwa Ki Warseno selaku dalang tak bisa disalahkan. Pasalnya, kekeliruan dalam pentas itu murni atas kesalahannya.

Tak hanya Gus Miftah, Ki Warseno juga menyampaikan permohonan maafnya kepada pihak yang terganggu dengan pentas wayang yang ia dalangi.

“Dalam bingkai selalu menjaga prinsip petuah luhur tersebut, saya secara pribadi dari lubuk hati paling dalam meminta maaf jika ada pihak-pihak yang merasa kurang nyaman setelah melihat pementasan kami di Ponpes Gus Miftah pada Jumat malam yang lalu,” kata Ki Warseno.

Ki Warseno mengaku masih berpegang teguh pada ajaran dan petuah para leluhur untuk selalu menjaga keharmonisan hubungan dengan Tuhan, alam, dan sesama manusia.

Ki Warseno menegaskan seluruh isi percakapan dan adegan di pentas tersebut adalah totalitas yang telah sesuai kaidah dan diatur dalam pakem (kaidah) pewayangan.

Ki Warseno juga mengatakan, sepanjang pertunjukan lebih dari 4 jam itu, tidak ada ucapan dalang yang menyebut nama seseorang. Oleh karena itu, menurut dia, tidak ada yang perlu merasa didiskreditkan atau dilecehkan dalam pementasan tersebut.

Sebelumnya, gelaran wayang itu digelar di Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Yogyakarta asuhan Gus Miftah pada Jumat (12/2) lalu.

Dalam pentas itu, Ki Warseno merupakan dalang di balik adegan penggebukan lakon wayang menyerupai Basalamah oleh lakon wayang lain.

D For GAEKON