Gantikan KRI Nanggala 402, Ustaz Abdul Somad Ajak Patungan Rakyat Indonesia Beli Kapal Selam

0

Gantikan KRI Nanggala 402, Ustaz Abdul Somad Ajak Patungan Rakyat Indonesia Beli Kapal SelamGaekon.com – Insiden tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402 di Perairan Bali membuat Ustaz Abdul Somad (UAS) menggalang donasi untuk membantu pemerintah dalam membeli kapal selam baru.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, UAS mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membeli kapal selam tersebut. Dirinya menulis open donasi itu dalam akun instagramnya.

“Open Donasi Patungan Rakyat Indonesia untuk Pembelian Kapal Selam Pengganti Nanggala 402 Bersama Masjid Jogokariyan Jogja,” tulisnya.

Menurut UAS, ajakan tersebut telah sesuai dengan Pembukaan UUD 1945, yakni segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia harus melindungi bangsanya.

“Lautan kita yang membentang luas melebihi daratannya, dari Samudera Indonesia di barat Aceh hingga perairan Papua merupakan bagian dari wilayah negeri kita yang harus dijaga dan dilindungi, beserta kekayaan tak ternilai yang ada di dalamnya,” sebutnya.

Harga 1 unit kapal selam baru sejenis KRI Nanggala 402 ditaksir USD 400 juta per unit atau setara Rp 5,8 triliun.

Indonesia melalui PT PAL Indonesia (Persero) mampu memproduksi kapal selam jenis Chang Bogo Class. Kapal selam yang dikembangkan bersama Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan itu telah diproduksi sebanyak 3 unit untuk armada TNI AL.

Saat ini, praktis TNI AL hanya memiliki 4 unit kapal selam aktif setelah musibah KRI Nanggala 402.

UAS mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berdonasi agar kekuatan armada laut Indonesia kembali berjaya.

“Setelah KRI Nanggala 402 beserta seluruh awaknya yang gugur syahid menjalani ‘Eternal Patrol’, mari kita seluruh rakyat Indonesia, bahu-membahu mengulurkan tangan dan sumbangsih membangun kekuatan armada laut kita agar kembali berjaya,” tulisnya lagi.

D For GAEKON