Gara-Gara WN Kanada Menari Telanjang Di Gunung Batur, Warga Bali Gelar Upacara Mecaru

0

Gara-Gara WN Kanada Menari Telanjang Di Gunung Batur, Warga Bali Gelar Upacara MecaruGaekon.com – WNA Kanada, Jeffrey Douglas Craigen (34) sempat hebohkan warga Bali lantaran menari telanjang di Gunung Batur, Kabupaten Bangli.

Melansir dari Kumparan, usai kejadian tersebut, Warga Desa Adat Batur menggelar Upacara Mecaru di puncak Gunung Batur Rabu (4/5) siang.

Perbuatan WNA Telah Menodai Kesucian Gunung Batur

Ketua Adat atau Penyarikan Desa Adat Batur, Guru Wayan Asta mengatakan, perbuatan Jeffrey menari telanjang telah menodai atau mencemari nilai kesucian Gunung Batur, terutama Pura Ulun Batur. Sehingga, warga desa adat wajib melaksanakan Upacara Mecaru.

“Tadi kita menggelar Mecaru terkait dengan adanya turis yang melakukan hal yang tidak biasa. (Menari) bugil bagi krama (warga desa adat) di Batur menimbulkan keresahan bagi kami selaku pengempon (tokoh agama di Pura) dan krama di wedidangan (wilayah) gunung,” kata Guru Wayan Asta.

Upacara Mecaru dilaksanakan setelah tokoh agama Pura Ulun Batur menentukan hari baik. Hari baik jatuh pada hari ini yang adalah Rabu Kliwon. Dalam upacara ini, 4 ekor ayam berwarna putih, hitam, kuning, dan merah serta satu bebek menjadi persembahan.

Warna ayam yang dipersembahkan disesuaikan dengan lokasi yang dinilai tercemar. Guru Wayan Asta menjelaskan, apabila lokasi yang tercemar berada di utara, maka, ayam yang dipersembahkan warna hitam.

Namun, apabila lokasi tercemar berada di selatan, maka warna ayam persembahan warna merah. Di timur ayam berwarna putih dan di barat ayam berwarna kuning.

“Jadi untuk ayam tergantung lokasinya, disesuaikan dengan dengan arah mata angin. Lokasi (yang tercemar berada di bagian) tengah, (sehingga ayam persembahan) warnanya campuran,” katanya.

Asta berharap seluruh wisatawan yang mendaki Gunung Batur bersikap bijaksana untuk menjaga kesucian pura dan gunung.

“Kami berkeyakinan dengan upacara keseimbangan (Tuhan, alam dan manusia) normal kembali, dan kita berharap tidak ada hal buruk ke depan yang terjadi. Semua kembali baik seperti ada kalanya,” ucapnya.

Asta mengatakan, seluruh biaya Upacara Mecaru diperoleh dari dana sukarela warga desa adat. Upacara Mecaru bertujuan membersihkan dan mengembalikan keseimbangan antara alam, manusia dan Tuhan serta nilai kesucian kawasan Gunung Batur.

Jeffrey ditahan di Rudenim Imigrasi Kelas I TPI Denpasar untuk dideportasi. Jeffrey ternyata merupakan aktor asal Kanada.

Ia pernah menjadi pengisi suara film animasi, membintangi sejumlah iklan di kanal televisi. Ia pun pernah menjadi terapis psikolog di negara asalnya.

D For GAEKON