Geser Jatim, Jumlah Kasus Kematian Covid-19 Jateng Jadi Yang Tertinggi Di Indonesia

0

Geser Jatim, Jumlah Kasus Kematian Covid-19 Jateng Jadi Yang Tertinggi Di IndonesiaGaekon.com – Jumlah kasus kematian covid-19 di Jawa Tengah kian memprihatinkan. Kini kematian di jateng lampaui angka kematian di Jawa Timur yang sebelumnya tertinggi di Indonesia.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), per Jumat (13/8), total kasus kematian akibat Covid-19 di Jawa Tengah mencapai 24.697 jiwa.

Sementara itu kasus kematian akibat Covid-19 di Jawa Timur sebanyak 24.619 kasus. Jumlah ini membuat Jateng menempati urutan tertinggi di Indonesia.

Sejak 10 Juli sampai 9 Agustus, Jawa Tengah tercatat menjadi penyumbang kasus kematian harian tertinggi yakni sebanyak 17 kali.

Dalam periode yang sama, Jawa Timur 14 kali menempati urutan pertama dalam penambahan kasus kematian akibat Covid-19.

Per Jumat (13/8), Jawa Tengah berada di urutan pertama sebagai daerah dengan kasus kematian terbanyak sebanyak 464 kasus, disusul Jawa Timur dengan jumlah 262 kasus.

Menurut keterangan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah, ada tiga faktor yang turut mengerek angka kematian di daerah tersebut.

Kepala Dinkes Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan dari hasil analisis yang dilakukan, mayoritas warga yang meninggal merupakan pra-lansia dan lansia, serta mereka yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

“Prevalensi kematian Covid-19 di Jateng masih terus ditekan. Adapun profil kematian covid di Jateng itu 90 persen umur 40 tahun ke atas. Kemudian, 82 persen komorbid, dan mayoritas varian delta,” kata Yulianto.

Yulianto juga mengatakan bahwa varian delta berdampak sangat signifikan terhadap tingkat kematian di Jateng. Pasalnya, varian tersebut memiliki tingkat penularan yang masif dan agresif.  Varian ini bahkan dapat memperparah gejala yang akhirnya akan menyebabkan kematian.

D For GAEKON