Jadi Sosok Pemimpin Muda Yang Bisa Mengayomi, Gibran Diberi Gelar Kebangsawanan Oleh Raja Keraton Solo

0

Jadi Sosok Pemimpin Muda Yang Bisa Mengayomi, Gibran Diberi Gelar Kebangsawanan Oleh Raja Keraton SoloGaekon.com – Keraton Solo memberi gelar kebangsawanan “Kanjeng Pangeran Widura Nagara” kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, gelar kebangsawanan tersebut tidak semata-mata diberikan tanpa alasan. Adik PB XIII Hangabehi, KGPH Dipokusumo menerangkan bahwa Keraton Solo memberikan gelar kebangsawanan kepada Gibran karena dia dikenal sebagai sosok pemimpin muda yang bisa mengayomi masyarakat.

“Mas Gibran tentu bisa menjadi pengayom bagi mayarakat. Gelar bangsawan ini merupakan apresiasi dari Keraton Solo,” ujarnya.

Gibran Menerima Gelar Saat Selesai Meninjau Vaksinasi

Gibran mengatakan bahwa pemberian gelar tersebut tidak direncanakan. Pihaknya mengaku bahwa menerima gelar itu usai meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di Pagelaran Keraton Solo.

“Tadi tidak ada rencana untuk bertemu dengan Sinuhun. Tiba-tiba ada Gusti Ratu langsung diajak ya udah langsung diberikan itu (gelar) juga kaget. Salah kostum juga. Suatu kehormatan bagi saya,” ucap Gibran.

Dalam pertemuannya itu, Gibran memperoleh arahan dari Raja Keraton Solo untuk memperindah sejumlah tempat di kawasan Keraton Solo.

Gibran pun berharap pertemuannya dengan PB XIII bisa membuat komunikasi antara Pemerintah Kota Solo dan Keraton menjadi lebih terbuka.

Prosesi pemberian gelar Kanjeng Pangeran Widura Nagara terhadap Gibran berlangsung tertutup di dalam keraton. Gelar tersebut diserahkan langsung oleh Raja Keraton Solo Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi, pada Senin (20/9).

D For GAEKON