Gibran Terseret Pusaran Korupsi Bansos, Tagar Tangkap Anak Pak Lurah Trending Topic

0

Gibran Terseret Pusaran Korupsi Bansos, Tagar Tangkap Anak Pak Lurah Trending TopicGaekon.com – Nama Gibran Rakabuming Raka, anak Presiden Joko Widodo terseret dalam pusaran kasus bansos Mensos Juliari Batubara. Tak lama usai laporan investigasi Majalah Tempo itu mencuat, #TangkapAnakPakLurah mendadak jadi trending topic di Twitter pada Minggu 20 Desember 2020.

Gibran ikut terseret dalam kasus korupsi Bantuan Sosial COVID-19 Kementerian Sosial. Dalam laporan tersebut, Gibran disebut merekomendasikan PT Sritex untuk terlibat dalam proyek bansos kepada Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara yang juga kini berstatus tersangka dalam kasus ini.

Juliari disebut memerintahkan dua stafnya untuk menghentikan pencarian vendor penyedia tas goodie bag bansos karena akan diproduksi Sritex.

Dua staf itu mengatakan bahwa Sritex merupakan rekomendasi Gibran yang disebut anak ‘Pak Lurah’.

Wakil Sekretraris Jenderal Partai Demokrat, Andi Arief juga turut meramaikan tagar tersebut di Twitter. Ia mempertanyakan kebenaran sebutan Anak Pak Lurah yang menjadi viral di Twitter.

“Benarkah Gibran anak Pak Lurah?” ujar Andi seperti dikutip dari Twitternya.

“Kalau benar Gibran ada dalam skema bancakan pengadaan Bansos, Pak Jokowi semestinya tahu apa yang sekarang harus dia lakukan,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Anggota Komisi II DPR dari fraksi PKS Mardani Ali Sera meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut tuntas kasus skandal Bansos hingga ke hulunya. Ia mengatakan, semua fakta harus dibuka termasuk semua pihak yang ada bukti keterlibatan mesti dimintai keterangan dan diselidiki.

“Mendorong KPK untuk membongkar tuntas semua yang terlibat. Hukum mesti adil ke atas dan ke bawah,” kata Mardani kepada IDN Times.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengaku belum mengetahui kabar tersebut. Ia juga enggan berkomentar tentang kabar dana hasil korupsi Bansos Juliari Batubara mengalir ke PDIP untuk memenangkan gelaran Pilkada 2020.

K For GAEKON