Google dan Temasek Resmi Miliki Saham Tokopedia

0

Google dan Temasek Resmi Miliki Saham TokopediaGaekon.com – Akhirnya perusahaan teknologi besar asal Amerika Serikat (AS), yakni Google dan Temasek, secara resmi menjadi salah satu pemegang saham Tokopedia. Informasi tersebut diketahui melalui CEO & Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, yang mengonfirmasi adanya suntikan dana Google dan Temasek melalui akun Instagram pribadinya.

Akan tetapi , dirinya tidak menjelaskan secara detail besaran suntikan dana yang diberikan dari dua perusahaan teknologi terkenal tersebut. Yang jelas, pihaknya mengaku sangat bahagia menyambut Google dan Temasek jadi bagian Tokopedia.

“Kami sangat senang menyambut Temasek dan Google sebagai pemegang saham Tokopedia. Kami merasa terhormat dan berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan mereka kepada Tokopedia dan Indonesia,” kata William mengutip akun Instagramnya, Selasa (17/11/2020).

Selain itu, William juga optimis, bahwa kerja sama antar perusahaan ini mampu mendorong Tokopedia untuk menjadi perusahaan yang kuat dan berkelanjutan.

“Agar dapat terus mengakselerasi transformasi digital dan melakukan pemerataan ekonomi melalui teknologi di Indonesia,” sebut William.

Sebelumnya dikabarkan, investasi Google dan Temasek ke Tokopedia datang usai Microsoft menyuntikkan modal ke Bukalapak. Dengan suntikan modal tersebut, saat ini Google memegang 1,6 persen saham Tokopedia. Sedangkan Anderson Investments yang berafiliasi dengan Temasek memiliki 3,3 persen saham.

Data tersebut diketahui dari dokumen yang diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia, tertanggal 4 November 2020. Sedangkan saham Tokopedia yang dipegang Google bernilai 1,1 juta dollar AS atau Rp 16,7 miliar, sedangkan saham yang dimiliki Anderson bernilai Rp 33,4 miliar.

Meskipun begitu, angka tersebut belum dijadikan acuan, berapa modal yang disuntikkan oleh ketua perusahaan teknologi asal AS itu. Hal ini dikarenakan investasi bisa datang dalam beberapa tahap. Di kemudian hari, selain itu Google dan Temasek bisa saja meningkatkan kepemilikan saham mereka di unicorn Indonesia yang satu ini.

Z For GAEKON