Gunakan QR Code, Ini Tampilan Baru KK Dan Akta Kelahiran

0

Gunakan QR Code, Ini Tampilan Baru KK Dan Akta KelahiranGaekon.com – Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran kini tampilannya menggunakan QR code. Meskipun secara garis besar tampilan KK yang baru ini masih sama dengan tampilan lama, namun perbedaannya tidak ada lagi tanda tangan dan cap basah.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh yang memperkenalkan tampilan baru dari kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran tersebut.

Menurut Zudan, Tampilan KK yang baru ini sama dengan tampilan lama, namun tidak ada lagi tanda tangan dan cap basah dalam model baru.

“Terkait KK yang berlaku di Indonesia sekarang dengan kertas putih biasa dan menggunakan QR code. Jadi tidak ada lagi tanda tangan basah dan tak ada lagi cap dan ini berlaku secara nasional,” kata Zudan.

Sementara untuk model akta kelahiran yang baru, Zudan menuturkan sama seperti model sebelumnya. Hanya saja kini tidak ada lagi cap basah dan tanda tangan.

“Model akta kelahiran yang baru sepeti ini dengan kertas putih biasa dan dengan QR code, tidak ada tanda tangan basah dan cap, ini berlaku secara nasional dan ini asli bukan fotocopy,” terangnya.

Untuk KK dan akta model lama, Zudan mengatakan bahwa itu tetap berlaku. Namun jika ada perubahan data, ia meminta masyarakat segera memperbaharuinya di kantor Dukcapil setempat atau bisa mengurus sendiri secara online melalui Dukcapil.

D For GAEKON