Gunakan Sampel Air Liur, PT Kalbe Farma Luncurkan Alat Tes Covid-19 Baru

0

Gunakan Sampel Air Liur, PT Kalbe Farma Luncurkan Alat Tes Covid-19 BaruGaekon.com – PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) meluncurkan alat tes Covid-19, tes diagnostik Covid-19. Alat ini dinilai setara dengan RT-PCR.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Tes diagnostik Covid-19 ini menggunakan sampel air liur atau saliva. KLBF resmi meluncurkan alat ini pada Kamis (25/3).

IVD Division Research Manager Stem Cell and Cancer Institute, Akterono D Budiyati mengatakan bahwa Alat tes ini memiliki akurasi yang setara dengan RT-PCR.

Tes ini menurut Akterono dapat menjadi pilihan karena memiliki performa akurasi yang tinggi, dengan sensitivitas 94 persen dan spesifikasi tes 98 persen.

Cara pengambilan sampelnya juga hanya dari saliva. Sehingga memberikan kenyamanan dan kepraktisan dibandingkan dengan tes Covid-19 lainnya yang sudah tersedia saat ini.

Tes diagnostik ini menggunakan metode Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification (RT LAMP).

RT LAMP adalah tes molekuler yang termasuk dalam kategori Nucleic Acid Amplification Test (NAAT) bersama dengan RT–PCR dan TCM sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 01.07/ MENKES/ 446/2021.

Sebagai tes molekuler, akurasi metode RT LAMP lebih baik dibandingkan rapid tes antigen yang mendeteksi protein virus.

Metode RT LAMP ini diklaim bisa mendeteksi secara spesifik asam nukleat yang merupakan material genetik dari virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Kit untuk pemeriksaan tersebut telah mendapatkan izin edar resmi dari Kementrian Kesehatan RI dengan nomor AKD 20303120508 yang diproduksi oleh PT Kalgen DNA dan akan dipasarkan dengan merek ELVA DIAGNOSTIC SARS CoV 2 Saliva Nucleic Acid Test Kit oleh PT Enseval Medika Prima.

RT LAMP Saliva bisa didapatkan di Laboratorium Klinik Kalgen Innolab (Laboratorium Kalbe Farma) dengan merk InnoLAMP yang melayani masyarakat umum maupun sebagai rujukan dari fasilitas kesehatan yang bekerja sama, terutama untuk area Jabodetabek.

Klinik ini telah melayani tes RT PCR Covid-19 sejak April 2020 dan telah memeriksa hampir lebih dari 180.000 sampel sampai dengan saat ini.

Kalgen Innolab merupakan Laboratorium Klinik Utama penyedia layanan tes Covid-19 (RT PCR dan Rapid Antigen) yang termasuk dalam jejaring Kementerian Kesehatan dan salah satu partner dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan memiliki portofolio lengkap untuk tes Covid-19.

Tes diagnostik Covid-19 ini juga mampu mendeteksi varian baru Covid-19 B.1.1.7 asal Inggris.

“Ada varian baru (B.1.1.7) yang dari Inggris dan sudah kami coba, alat kami bisa deteksi virus dengan jenis varian tersebut,” kata Akterono.

D For GAEKON