Gunung Semeru Erupsi, 41 Orang Alami Luka Bakar Hingga Korban Tewas Berhasil Dievakuasi

0

Gunung Semeru Erupsi, 41 Orang Alami Luka Bakar Hingga Korban Tewas Berhasil DievakuasiGaekon.com – Indonesia kembali berduka, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memuntahkan awan panas guguran pada Sabtu (4/12). Wakil Bupati Lumajang, Indah Masdar menerangkan kondisi korban erupsi Gunung Semeru.

Melansir dari Kumparan, Indah mengatakan bahwa satu korban meninggal dunia ditemukan di daerah Curah Kobokan.

“Ada satu orang yang meninggal di Curah Kobokan. Dan akan segera, tadi sudah akan dibawa oleh mobil ambulans dan mudah-mudahan sudah terangkut tadi. Karena tadi pada saat di sana masih proses evakuasi,” jelas Indah.

Sementara untuk jumlah korban luka bakar sebanyak 41 orang. Mereka langsung dievakuasi di Puskesmas Penanggal.

“Yang luka bakarnya sangat parah kita rujuk ke RS Umum dr Haryoto, kemudian RS Bhayangkara, dan sebagian di RS Pasirian,” terang Indah.

Selain itu ada juga dua ibu hamil, satu hamil 9 bulan, yang satu hamil 8 bulan kini sedang dalam perawatan.

“Dan ada dua ibu hamil, dua orang. Yang satu hamil 9 bulan, yang satu [hamil] 8 bulan. Itu tadi untuk Desa Kobokan, Desa Supiturang,” katanya.

Ratusan KK kini sudah berhasil mengungsi dan juga dievakuasi. Sebelumnya, ada 10 orang di Curah Kobokan yang belum dievakuasi akibat lokasinya sulit dijangkau.

“Evakuasi lamban karena mobil tak bisa masuk lokasi dikarenakan lumpur itu setinggi hampir lutut kaki,” terangnya.

Sebelumnya, Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12) sekitar pukul 13.30 waktu setempat. Wilayah yang terdampak guguran abu vulkanik mengalami kegelapan hingga membuat warga sekitar panik.

D For GAEKON