Viral Guru Injak Bahu Siswa Saat Push Up, Pelaku: Saya Tidak Tahu Bakal Viral, Itu Salah Saya

0

Viral Guru Injak Bahu Siswa Saat Push Up, Pelaku: Saya Tidak Tahu Bakal Viral, Itu Salah SayaGaekon.com – Sebuah video yang memperlihatkan seorang guru di Bali menginjak bahu siswa saat mereka sedang push up mendadak viral di media sosial.

Kejadian ini diketahui terjadi di SMA Negeri 3 Amlapura Kabupaten Karangasem, Bali. Guru tersebut diketahui merupakan Kepala Sekolah Negeri 3 Amlapura Kabupaten Karangasem, Bali I Komang Sudiana. Sementara siswa yang diinjak bahunya adalah siswa Kelas XI bernama Komang Nova.

“Ya itu saya yang ada di dalam video yang viral itu,” kata Sudiana.

Siswa Push Up Karena Tidak Taat Aturan

Awalnya Sudiana mengaku bahwa sekolah meminta pelajar laki-laki untuk memotong rambut yang sudah panjang menjadi pendek agar terlihat rapi.

Pihak sekolah sepakat untuk memberikan sanksi push up sebanyak 10 kali bagi siswa yang tidak mengindahkan permintaan sekolah.

“Sebelumnya sudah diberi pengarahan itu untuk lebih disiplin. Sanksi push up sebanyak 10 kali ini pun diberikan atas dasar kesepakatan dengan siswa bagi mereka yang tidak menaati,” katanya.

Pada Senin (11/4), ia mengecek apakah siswa telah memotong rambut atau tidak. Ia menemukan ada 12 siswa di kelas XI MIPA 3 yang tidak potong rambut.

Mereka akhirnya dihukum dengan push up. Ia mengaku ada siswa yang tidak sungguh-sungguh melaksanakan hukuman sehingga tidak sengaja menginjak bahu siswa.

“Tapi ada siswa yang saat push up tidak sungguh-sungguh. Saya secara tidak sengaja menginjak bagian bahu. Itupun dilakukan pelan. Itupun dilakukan tanpa ada kemarahan, sambil bercanda ketawa sama siswa,” katanya.

Meski demikian, Sudiana mengaku salah atas perbuatannya tersebut.

“Tapi itu salah saya, memakai kaki menyentuh bahu siswa. Saya tidak tahu bakal viral,” akunya.

Sebelumnya viral sebuah video seorang guru diduga menginjak bahu seorang siswa saat sejumlah siswa di hukum pushup di ruangan kelas.

Dalam video yang beredar terlihat sejumlah siswa di hukum push up. Kemudian ada seorang guru berdiri dan menghampiri salah satu siswa yang di hukum.

Guru tersebut menginjak bahu siswa dengan kaki kanannya. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karangasem, Wayan Sutrisna saat dikonfirmasi Selasa (12/4) mengatakan, peristiwa itu bukan kewenangan Disdikpora Kabupaten Karangasem, tapi kewenangan Disdikpora Provinsi Bali.

“Kita sudah menyampaikan melalui pengawas. Tapi, secara teknis silahkan berkoordinasi dengan Dinas Provinsi menyikapi kejadian-kejadian seperti ini,” ujarnya.

D For GAEKON