Baru Bebas, Habib Bahar Bin Smith Kembali Ditahan

0

Baru Bebas, Habib Bahar Bin Smith Kembali DitahanGaekon.com – Polda Jawa Barat menetapkan Habib Bahar bin Smith dan seorang pengunggah video ceramahnya ke YouTube berinisial TR sebagai tersangka.

Melansir dari Kumparan, Bahar Smith dan TR ditetapkan tersangka karena telah menyebarkan berita bohong dan membuat keonaran. Hal ini diungkapkan oleh Dirreskrimsus Polda Jabar Kombes Arif Rachman.

“Berkaitan dengan ucapan saudara BS saat ceramah yang mengandung berita bohong yang kemudian di upload atau ditransmisikan oleh TR ke akun YouTube yang kemudian disebarkan atau ditransmisikan sehingga viral di media sosial,” kata Arif.

Habib Bahar Dikhawatirkan Melarikan Diri

Polisi memiliki alasan subjektif dan objektif dalam penahanan Bahar bin Smith. Alasan yang dinilai subjektif, Bahar dikhawatirkan melarikan diri atau menghilangkan barang bukti. Sementara alasan objektif, penahanan pada Bahar yakni karena ancaman pidananya di atas 5 tahun.

“Terhadap saudara BS (Bahar Smith) dan TR penyidik melakukan satu penangkapan kemudian penahanan, berdasarkan tentunya alasan subjektif dan objektif. Alasan subjektif, dikhawatirkan mengulangi tindakan pidana, dikhawatirkan melarikan diri, dan menghilangkan barang bukti. Alasan objektif pasal-pasalnya itu di atas 5 tahun penjara,” jelas Arif.

Hal ini bukan pertama kalinya Bahar bin Smith tersangkut kasus. Sebelumnya, ia baru saja bebas dari Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor, 21 November 2021. Itu artinya, 1,5 bulan setelah bebas ia kembali ditahan oleh polisi.

D For GAEKON