Hampir Tak Pernah Laporkan Kasus Covid-19, Kini 2 Warga Baduy Terkonfirmasi Positif

0

Hampir Tak Pernah Laporkan Kasus Covid-19, Kini 2 Warga Baduy Terkonfirmasi PositifGaekon.com – Puskesmas Cisimeut, Lebak, Banten melaporkan bahwa 2 warga Baduy terkonfirmasi positif Covid-19. Padahal, seperti yang diketahui hampir dua tahun suku di pedalaman ini tertutup dari masyarakat luar.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Kepala Puskesmas Cisimeut, Kecamatan Leuridamar, Lebak, Maytri Nurmaningsih mengatakan bahwa hasil pemeriksaan pada Juli lalu terhadap 2 perempuan dari suku Baduy menunjukkan hasil positif.

Dua perempuan ini baru saja melahirkan. Ia datang ke puskesmas dengan mengeluh sakit. Pihak puskesmas kemudian melakukan tes swab dan PCR, ternyata hasilnya positif.

“Dari hasil swab dan PCR yang dilakukan di puskesmas diketahui jika keduanya positif,” kata Maytri.

Maytri menerangkan bahwa dua perempuan tersebut merupakan warga Baduy Luar. Keduanya berasal dari lampu berbeda di Desa Kanekes, Leuwidamar.

Setelah dinyatakan positif, kedua perempuan ini kemudian melakukan isolasi mandiri di gubuk tengah perkebunan. Bahkan gubuk tersebut diketahui jauh dari pemukiman warga.

Maytri mengatakan bahwa usai kejadian ini, Satuan Tugas Covid-19 Kecamatan Leuridamar dan Puskesmas Cisimeut langsung melakukan tracing di kampung kedua perempuan tersebut. Namun warga setempat justru menolak diperiksa.

“Tidak ada yang mau di-swab, orangtua dan suaminya tidak mau, jadi sejauh ini hanya dua itu saja yang di-swab,” katanya.

Maytri menilai bahwa mobilitas warga setempat masih tinggi, seperti bepergian ke pasar, kunjungan tamu dan sejenisnya. Sehingga kemungkinan mereka tertular Covid-19 dari hal-hal tersebut.

Sebelumnya, Kepala Desa Kanekes, Saija mengatakan bahwa warga Baduy belum ada yang terpapar Covid-19. Pasalnya, selama pandemi Baduy menutup kunjungan wisatawan. Warga Baduy yang tengah berada di luar kota juga diperintahkan pulang dengan pemeriksaan ketat saat hendak masuk ke pemukiman warga Baduy.

Bahkan warga Baduy juga rutin mengonsumsi ramuan tradisional hingga menjaga lingkungan dengan mantra-mantra.

D For GAEKON