Harga Pertalite Dan Gas LPG 3 Kg Akan Naik, Begini Kata Kemenkeu

0

Harga Pertalite Dan Gas LPG 3 Kg Akan Naik, Begini Kata KemenkeuGaekon.com – Wacana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan LPG 3 Kg menuai sorotan publik. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) angkat suara soal wacana tersebut.

Melansir dari CNN, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan pemerintah masih terus melakukan kajian terkait hal ini.

Pemerintah melakukan kajian dengan mempertimbangkan perkembangan ekonomi global. Khususnya terkait dampak perang Rusia-Ukraina yang meningkatkan harga komoditas di pasar internasional dan inflasi di sejumlah negara.

“Tentu ini semua harus kita kaji dan karena itu kita akan melihatnya secara hati-hati,” ungkap Sua.

Waktu Kenaikan Pertalite Dan LPG Belum Diketahui

Kenaikan harga minyak mentah dunia akan mempengaruhi anggaran pemerintah untuk belanja subsidi energi bagi masyarakat.

Namun, pihaknya belum menjawab lebih jauh terkait berapa sekiranya rumuskan rencana kenaikan harga Pertalite dan LPG ke depan. Begitu juga dengan waktu kenaikan akan terjadi.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) telah menaikkan harga LPG non subsidi dari Rp13.500 menjadi Rp15.500 per kilogram (kg) sejak 27 Februari 2022.

Perusahaan migas negara ini juga mengerek harga Pertamax dari Rp9.000 menjadi paling mahal Rp13 ribu per liter. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mensinyalkan setelah Pertamax, harga Pertalite dan LPG 3 kg juga akan dinaikkan secara bertahap.

D For GAEKON