Hari Guru Nasional Presiden Jokowi Beri Ucapan Terima Kasih Guru

0

Hari Guru Nasional Presiden Jokowi Beri Ucapan Terima Kasih GuruGaekon.com – Pada Rabu 25 November 2020, bertepatan dengan peringatan hari guru nasional. Dalam peringatan hari guru nasional kali ini, menjadi momen penting bagi guru seluruh Indonesia sebagai garda terdepan dalam memajukan pendidikan nasional.

Dalam peringatan hari guru kali ini, Tidak hanya Menteri Pendidikan Nadiem Makarim saja yang menyampaikan ucapan selamat kepada para guru, namun ucapan spesial juga datang dari Presiden Joko Widodo yang memberikan semangat bagi para guru di tengah pandemi.

“Zaman boleh berganti, tantangan bisa berbeda, tapi satu yang tak berubah: kegigihan, ketangguhan, dan semangat para guru untuk mengajar dan mendidik anak-anak Indonesia tak pernah surut barang sejengkal. Terima kasih guru,” kata Jokowi dalam akun Twitternya, Rabu (25/11/2020).

Ia juga mengatakan, pernah pada sebuah masa di negeri ini, dimana guru mengajar di sekolah dengan murid yang menggunakan sabak. Namun, karena kemajuan peradaban, sabak berganti kertas, papan tulis berganti whiteboard, dan kapur berganti spidol.

Namun kini di masa Pandemi zaman berubah, metode pembelajaran pun hanya dapat mengandalkan komputer dan telepon pintar dengan murid-murid hanya bisa belajar dari rumah.

“Tantangan zaman juga berubah-ubah. Bahkan kini, di masa pandemi, murid-murid hanya bisa belajar dari rumah, sebagian besar dengan komputer dan telepon pintar,” kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebutkan bahwa peringatakan Hari Guru Nasional yang kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya wabah pandemi Covid-19.

Nadiem mengapresiasi jutaan para pendidik di Indonesia yang telah berupaya aktif untuk mencari solusi terbaik dalam pembelajaran kepada siswa. Lantaran pandemi saat ini membuat proses kegiatan belajar juga mengalami perubahan secara nyata.

“Jutaan guru Indonesia turut serta dalam ribuan webinar dan pelatihan daring. Guru-guru Indonesia giat dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa pandemi,” ucap Nadiem dalam Youtube Kemendikbud, Rabu (25/11/2020).

Apalagi dengan adanya pilihan untuk menyerah dan mengeluh, sedangkan Nadiem sendiri menyebutkan bahwa guru-guru di Indonesia memilih tetap berjuang, dan selalu mengupayakan berlangsungnya pembelajaran kepada murid-murid.

“Itu karena keyakinan bahwa kita tetap bisa mengupayakan keberlanjutan pembelajaran bagi murid-murid yang kita cintai walau dengan segala keterbatasan,” tambahnya.
Oleh sebab itu pula, sikap-sikap positif, serta semangat pantang menyerah yang telah dilakukan oleh para guru di tanah air dapat menjadi teladan yang patut dicontoh oleh para siswa.

“Saya harap insan pendidikan menjadikan situasi pandemi ini sebagai laboratorium bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan gaya inovasi,” tandas Nadiem.

Z For GAEKON