Hari Ini 60 Ribu Buruh Gelar ‘May Day Fiesta’

0

Hari Ini 60 Ribu Buruh Gelar 'May Day Fiesta'Gaekon.com – Hari ini, Sabtu (14/5) Serikat buruh menggelar ‘May Day Fiesta‘ dalam rangkaian peringatan hari buruh internasional atau May Day.

Melansir dari Detik, Mereka akan menggelar demo di DPR hingga puncaknya perayaan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan mengimbau masyarakat untuk menghindari kawasan GBK mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar kiranya besok mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB kiranya bisa menghindari kawasan GBK karena dikhawatirkan nanti karena banyaknya kegiatan di situ kemudian banyaknya kendaraan yang disiapkan oleh peserta, nanti masyarakat kita harapkan untuk menghindari,” ujar Zulpan pada Jumat (13/5).

Diperkirakan ada 60.000 buruh yang akan ikut memeriahkan May Day Fiesta ini. Kemudian akan ada sekitar 2.000 bus peserta di GBK.

“Kegiatan ini karena akan dihadiri oleh peserta kurang lebih 60 ribu orang dan tempatnya adalah di GBK. Dari pemberitahuan oleh panitia kepada Polda Metro Jaya, akan diikuti atau menghadirkan bus kurang lebih 2.000 bus karena pesertanya di samping dari Jabodetabek, ada juga dari Jawa Barat dan sekitarnya,” tutur Zulpan.

Sebanyak 5.260 personel gabungan TNI dan Polri diturunkan untuk mengawal May Day Fiesta. Pengamanan tersebut mencakup pengaturan lalu lintas, serta pengamanan di kompleks Stadion GBK selama pelaksanaan May Day Fiesta berlangsung.

Kegiatan May Day Fiesta akan diawali dengan aksi di depan gedung DPR pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan May Day Fiesta di GBK pada pukul 13.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Kegiatan itu akan diikuti oleh empat konfederasi buruh, yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI).

D For GAEKON