Hari Ini, Habib Rizieq Shihab Jalani Sidang Perdana Secara Virtual

0

Hari Ini, Habib Rizieq Shihab Jalani Sidang Perdana Secara VirtualGaekon.com – Proses persidangan Mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab akan digelar Hari ini (16/3).

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Rizieq akan menjalani sidang perdananya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Ia akan menjalani sidang perdana rentetan kasus pidana ini secara virtual. Rizieq sendiri berkasus pada seluruh perkara.

Perkara Rizieq teregister dalam nomor perkara 221/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim, 225/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim dan, 226/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim. Humas PN Jaktim, Alex Adam Faisal mengatakan bahwa agenda sidang pertama Rizieq adalah pembacaan dakwaan.

“Sidang pertama Habib Rizieq Shihab dkk, dengan agenda pembacaan dakwaan,” kata Alex.

Dalam sidang perdana ini Rizieq bakal didakwa dengan lima dakwaan alternatif untuk perkara kerumunan Petamburan. Adapun hakim yang bakal menyidangkan perkara Rizieq itu ialah Suparman Nyompa, M Djohan Arifin, dan Agam Syarief Baharudin.

Kemudian, untuk perkara hasil swab test Rizieq di RS Ummi yang menyeret tiga terdakwa akan disidangkan oleh Majelis Hakim Khadwanto, Mu’Arif, dan Suryaman.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono menuturkan karena sidang digelar virtual maka Rizieq tidak akan hadir secara langsung di ruang persidangan.

Namun, pihak kepolisian masih akan tetap mengerahkan 658 personel untuk berjaga di sekitar lokasi persidangan.

“Sidang secara virtual, masyarakat harus pahami. Artinya MRS (Muhammad Rizieq Shihab) tetap berada di Bareskrim Polri untuk laksanakan sidang tersebut,” kata Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/3).

Rusdi mengingatkan masyarakat ataupun simpatisan Rizieq untuk mengikuti aturan persidangan yang berlangsung di tengah pandemi virus corona tersebut.

Tak hanya Rizieq, sejumlah terdakwa juga diketahui masih terafiliasi dengan FPI. Mereka adalah Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi untuk kasus pidana terkait kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat di tengah pandemi Covid-19.

Semantara itu untuk perkara terkait hasil swab test Covid-19 Rizieq Shihab di RS Ummi, Bogor, Jawa Barat beberapa terdakwa lain yakni Dirut RS Ummi, Andi Tatat dan menantu Rizieq Shihab, Muhammad Hanif Alatas.

D For GAEKON