Hari Ini Kemenkeu Mulai Cairkan Gaji Ke-13 Untuk Para PNS Dan Pensiunan

0

Hari Ini Kemenkeu Mulai Cairkan Gaji Ke-13 Untuk Para PNS Dan PensiunanGaekon.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan bahwa hari ini, Kamis (3/6) pihaknya mulai melakukan pencairan gaji ke-13 untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunannya.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Hal ini telah dikonfirmasi oleh Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Hadiyanto.

“Kementerian/lembaga dapat mengajukan permintaan pembayaran gaji-13 ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) mulai tanggal 2 Juni dan KPPN melakukan pencairan mulai tanggal 3 Juni,”  Terang Hadiyanto.

Hadiyanto menerangkan bahwa perkiraan kebutuhan anggaran untuk pembayaran gaji-13 adalah sebesar Rp 7,6 triliun untuk aparatur negara dan sebesar Rp 8,7 triliun untuk pensiunan.

Hadiyanto juga mengatakan KPPN di seluruh Indonesia sudah melakukan koordinasi dengan satuan kerja mitra kerjanya untuk mengajukan permintaan pembayaran gaji-13. Selain itu, KPPN juga siap untuk memproses semua permintaan pembayaran gaji-13.

Menurut Hadiyanto tak semua PNS bisa mendapatkan gaji ke-13. Ada dua kategori PNS, serta anggota TNI dan Polri yang tidak menerima gaji ke-13.

Aturan soal pemberian gaji ke-13 bagi PNS ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 63 Tahun 2021 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021. Dua kategori PNS, serta anggota TNI dan Polri yang tidak menerima gaji ke-13 tersebut meliputi:

  1. Sedang cuti di luar tanggungan negara; atau
  2. sedang ditugaskan di luar instansi pemerintah baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Komponen pembayaran gaji-13 PNS adalah sama dengan pembayaran tunjangan hari raya (THR), yaitu gaji pokok ditambah tunjangan melekat. Artinya, tak ada tunjangan kinerja alias tukin pada komponen gaji ke-13 PNS.

D For GAEKON