Heboh Ilustrasi Bumi Berbentu Datar Dalam Soal Ujian Kelas 6 SD Di Kota Cimahi, Disdik Akhirnya Buka Suara

0

Heboh Ilustrasi Bumi Berbentu Datar Dalam Soal Ujian Kelas 6 SD Di Kota Cimahi, Disdik Akhirnya Buka SuaraGaekon.com – Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono angkat suara terkait unggahan soal ujian untuk anak kelas enam SD yang menampilkan ilustrasi bumi berbentuk datar.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Harjono, membenarkan soal unggahan itu. Pihaknya menegaskan telah memanggil kepala sekolah dan guru yang menyusun materi soal untuk anak kelas 6 SD tersebut.

Penyusun soal itu mengaku tak ada niatan untuk memberikan pemahaman soal bumi berbentuk datar. Ia juga mengaku bahwa selalu memberi pelajaran kalau bumi itu bulat.

“Nah, si guru tadi sudah mengatakan itu salah saya, saya mengambil dari Google, nah tidak ada maksud saya mengatakan bumi datar karena pelajaran yang saya berikan pun selalu bumi bulat, dari soal itu juga tidak ada statement bumi datar,” kata Harjono.

Guru tersebut menjelaskan alasannya mengapa memilih gambar itu. Ia mengatakan pada Harjono bahwa gambar bumi datar itu untuk menarik perhatian murid.

Karena baginya, dengan ilustrasi itu, warna di soal menjadi beragam. Ia juga menegaskan bahwa bukan penganut paham bumi datar.

“Itu murni ketidaktahuan guru dan tidak ada maksud mengatakan bumi datar, yang bersangkutan adalah bukan guru yang punya paham bahwa bumi itu datar,” tambah Harjono.

Setelah menerima pengakuan kesalahan dari penyusun soal, Harjono meminta kepala sekolah agar membuat surat secara resmi.

“Beliau adalah guru yang mengajarkan selama ini bahwa bumi itu bulat. Ilustrasi itu hanya diambil yang paling bagus dan itu bagus, warna-warni. Hanya itu saja, tanpa maksud untuk mengatakan bahwa bumi datar, begitu,” imbuhnya.

Harjono mengatakan bahwa kasus soal ujian itu tak dapat dikaitkan dengan Kementerian atau Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Tak ada pula kaitannya dengan politik. Sebab hal itu murni menjadi kesalahan guru penyusun soal ujian.

Hal ini karena kewenangan penyusunan soal ujian diserahkan ke sekolah masing-masing sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumnya beredar sebuah foto yang menunjukkan soal ujian kelas 6 SD di Kota Cimahi. Soal tersebut menuai kritik lantaran menampilkan ilustrasi bumi berbentuk datar. Ilustrasi gambar bumi itu dikaitkan dengan teori penganut bumi datar.

Potongan soal itu kemudian diunggah di Twitter dengan mention ke akun Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Kemendikbud RI. Untuk diketahui, sekolah yang memuat soal tersebut adalah Sekolah Santa Maria dan Santo Yusup.

D For GAEKON