Hindari Macet, Jokowi Himbau Para Pemudik Kembali Sebelum Atau Sesudah Puncak Arus Balik

0

Hindari Macet, Jokowi Himbau Para Pemudik Kembali Sebelum Atau Sesudah Puncak Arus BalikGaekon.com – Puncak arus balik mudik Lebaran 2022 diperkirakan jatuh pada 6-8 Mei. Pemerintah menghimbau agar para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, kembali sebelum puncak arus balik terjadi atau sesudah puncak arus balik.

Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7, 8 Mei 2022, sebab perkantoran sudah beroperasi kembali pada Senin, 9 Mei 2022.

“Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7, 8 Mei 2022” kata Jokowi.

Jokowi mengimbau agar masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi, kembali sebelum puncak arus balik terjadi atau sesudah puncak arus balik.

“Untuk menghindari arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya imbau, saya mengajak bapak, ibu, saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik, tentunya sesuai izin yang didapatkan dari tempat kerja,” terangnya.

Jokowi : Pemerintah Akan Melakukan Upaya Terbaik

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kepadatan saat arus balik. Jokowi menegaskan pemerintah akan melakukan upaya terbaik supaya perjalanan masyarakat nyaman.

“Kebijakan ganjil genap, satu arah atau one way, dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan. Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman,” tutur Jokowi.

Polri juga telah merancang rekayasa lalu lintas satu arah saat arus balik lebaran, mulai 6-8 Mei 2022. Rekayasa lalu lintas ini akan diberlakukan dari arah Semarang menuju Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, menyebut, pihaknya juga telah menyiapkan empat rute alternatif bagi warga dari arah Jakarta yang hendak menuju Bandung.

Berikut 4 rute alternatif yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

  1. Jagorawi-Puncak-Cisarua-Cipanas-Cianjur-Sukaluyu-Cipatat-Padalarang-Bandung
  2. Jagorawi-Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cianjur-Padalarang-Bandung
  3. Kalimalang-Kedungwaringin-Karawang-Purwakarta-Wanayasa-Lembang-Bandung
  4. Kalimalang-Kedungwaringin-Karawang-Purwakarta-Sukatani-Darangdan-Cikalong-Padalarang-Bandung

D For GAEKON