Hujan Lebat, Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Guci, Tegal Ambles Hingga 50 Cm

0

Hujan Lebat, Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Guci, Tegal Ambles Hingga 50 CmGaekon.com – Arus lalu lintas ruas jalan menuju Obyek Wisata Guci, Kabupaten Tegal mengalami kemacetan. Pasalnya jalan di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Tegal itu ambles sekitar 50 Cm pada Sabtu (13/2).

Jalanan tersebut sudah sempat diperbaiki, namun kembali ambles pada Minggu (14/2) pagi, sehingga lalu lintas kembali terganggu.

Kondisi jalan tersebut sempat diatasi oleh dinas terkait dengan ditambal hingga lalu lintas sempat normal. Namun menjelang Minggu pagi, sekitar pukul 03.00 WIB, jalan ambles lagi.

Bambinsa desa Kalibakung atau Koramil 17/Balapulang, Serda Kribiantoro mengatakan, awalnya Jalan Raya Kalibakung itu ambles 30 Cm dan sampai 50 Cm.

“Amblesnya sampai hampir 1 meter,” tutur dia.

Kendaraan roda empat sempat dialihkan dan kendaraan roda dua boleh melintas, dibantu oleh Polri, TNI dan masyarakat. Meskipun demikian, kendaraan harus bergantian melewatinya.

Bupati Tegal, Umi Azizah mengatakan jalan tersebut ambles akibat pergerakan tanah setelah diguyur hujan lebat. Sebelumnya, insiden jalan ambles di sejumlah titik pada ruas ini juga sudah pernah terjadi enam tahun silam.

Diduga penyebabnya pun sama, yaitu gerakan lateral pada struktur tanah ditambah infiltrasi air hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Sebelumnya, pada Sabtu (13/2), Pemerintah Kabupaten Tegal memperbaiki jalan ambles tersebut. Perbaikan sendiri dengan urugan pasir dan batu yang dipadatkan dengan alat berat.

D For GAEKON