Dianggap Terlalu Berat, Hukuman Rizieq Shihab Dikurangi Jadi 2 Tahun

0

Dianggap Terlalu Berat, Hukuman Rizieq Shihab Dikurangi Jadi 2 TahunGaekon.com – Masa hukuman terdakwa Rizieq Shihab dikurangi menjadi 2 tahun. Rizieq Shihab diketahui menjadi terdakwa atas kasus tes usap (swab test) di RS Ummi Bogor.

Melansir dari Kompas, Mahkamah Agung mengurangi masa hukuman terdakwa Rizieq Shihab dari yang semula empat tahun menjadi dua tahun.

Petimbangan tersebut tertuang dalam Putusan MA Nomor 4471 K/Pid.Sus/2021 tanggal 15 November 2021 yang dikonfirmasi jubir MA, Andi Samsan Nganro.

“Penjatuhan pidana oleh Judex Facti kepada terdakwa selama empat tahun terlalu berat, sehingga pidana yang dijatuhkan kepada terdakwa patut atau beralasan untuk diperbaiki dengan menjatuhkan pidana yang lebih ringan,” demikian bunyi pertimbangan majelis kasasi.

Menurut Majelis hakim hukuman empat tahun terlalu berat. Pihaknya mengatakan bahwa meski Rizieq terbukti melalukan perbuatan salah, namun akibat keonaran tersebut hanya terjadi di media massa.

“Meskipun Rizieq terbukti melalukan perbuatan dengan menyiarkan pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran di masyarakat, tapi akibat keonaran tersebut hanya terjadi di media massa,” ucap majelis hakim.

Keputusan itu juga diambil karena Rizieq Shihab juga telah dijatuhi pidana dalam perkara lainnya yang merupakan rangkaian peristiwa menyangkut Covid-19.

Sebelumnya, Rizieq Shihab divonis Pengadilan Negeri Jakarta Timur empat tahun penjara terkait perkara tes usap di RS Ummi Bogor. Vonis ini kemudian diperkuat oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Hingga akhirnya diajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

D For GAEKON