Jelang Ibadah Haji 2021, Arab Saudi Tahan 120 Orang Terkait Pemalsuan Hasil Tes Covid-19

0

Jelang Ibadah Haji 2021, Arab Saudi Tahan 120 Orang Terkait Pemalsuan Hasil Tes Covid-19Gaekon.com – Menjelang ibadah Haji 2021, Arab Saudi menahan lebih dari 120 orang yang diduga menyediakan jasa pemalsuan hasil tes Covid-19 dan sertifikat vaksinasi corona.

Dokumen Yang Dipalsukan Adalah Syarat Mengikuti Ibadah Haji

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, dokumen hasil tes negatif Covid-19 dan sertifikat vaksinasi corona merupakan syarat bagi para calon jemaah yang ingin mengikuti ibadah haji pada akhir pekan ini.

Kantor berita Saudi, SPA, melaporkan bahwa dari keseluruhan yang ditangkap, sembilan di antaranya merupakan pejabat Kementerian Kesehatan.

Kesembilan orang itu saat ini sudah mengaku bersalah. Sebanyak 21 orang, yaitu sembilan warga Saudi dan 12 orang lainnya, dituding menjadi perantara dalam skema penipuan ini.

Tak hanya itu, aparat Saudi juga menahan 76 warga dan 16 orang lainnya yang menggunakan jasa pemalsuan data dokumen tersebut.

Para tersangka diduga menawarkan jasanya untuk mengubah data dalam dua dokumen syarat tersebut melalui jejaring sosial. Jasa yang mereka tawarkan termasuk mengganti status positif/negatif Covid, status vaksinasi, hingga jumlah dosis vaksin.

Kasus pemalsuan seperti ini bukan menjadi pertama kali di Saudi. Pasalnya, masih di Bulan Juli, aparat Saudi juga mengumumkan bahwa dua pejabat Kemenkes ditangkap dalam konspirasi serupa.

D For GAEKON