Usai Moeldoko, ICW Kini Tuding Anak Ribka Terlibat Promosi Obat Ivermectin

0

Usai Moeldoko, ICW Kini Tuding Anak Ribka Terlibat Promosi Obat IvermectinGaekon.com – Usai menyeret nama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam promosi obat Ivermectin, Indonesia Corruption Watch (ICW) kini menuding anak politikus PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning, Riyo Kristian Utomo.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, ICW menuding Riyo Kristian Utomo terlibat dalam promosi obat Ivermectin. Peneliti ICW Egi Primayogha mengatakan bahwa pihaknya telah mencermati Riyo.

“Ada yang kami cermati juga dalam hal ini, kaitannya dengan partai politik, dalam hal ini adalah PDIP. Keterkaitannya adalah pertama ada nama Riyo Kristian Utomo, dia seperti Sofia Koswara tidak tercatat dalam akta perusahaan PT Harsen. Tapi dalam berbagai pemberitaan dia diketahui sebagai Direktur Pemasaran atau Direktur Marketing dari PT Harsen Laboratories,” kata Egi.

Namun saat polemik Ivermectin muncul di bulan Juni lalu, Egi mengatakan bahwa nama Riyo sempat ditampik sebagai pengurus Harsen Laboratories.

“Apa yang dia ucapkan di media tidak dianggap sebagai pernyataan PT Harsen Laboratories,” ujarnya.

Hal ini semakin memunculkan tanda tanya besar, mengapa PT Harsen harus repot-repot untuk mengklarifikasi Rio bukan bagian perusahaannya. ICW kemudian melakukan penelusuran ternyata Riyo Kristian Utomo adalah anak kandung Ribka Tjiptaning, politikus PDIP anggota DPR RI yang namanya sempat menjadi kontroversi.

“Ketika itu dia di Komisi Kesehatan dan dia menolak vaksin, hingga akhirnya dia dipindah ke Komisi Energi,” katanya.

ICW juga menemukan video amatir yang menunjukkan hubungan antara Harsen dengan Ribka maupun PDIP.

“Kami menemukan video amatir yang menunjukkan bahwa Ribka selaku Ketua Baguna PDIP menerima bantuan PT Harsen berupa sembako dan alat medis medis adalah face shield tentu ini menimbulkan pertanyaan,” ujarnya.

Meski demikian, ICW belum bisa memastikan apakah peran Ribka Tjiptaning lebih jauh dalam hal ivermectin tersebut.

D For GAEKON