Ilegal Fishing, 10 Unit Kapal Ikan Asing Milik Vietnam Ditenggelamkan Paksa

0

Ilegal Fishing, 10 Unit Kapal Ikan Asing Milik Vietnam Ditenggelamkan PaksaGaekon.com – Sebanyak 10 unit Kapal Ikan Asing (KIA) milik Vietnam ditenggelamkan paksa. Pasalnya Kesepuluh KIA tersebut digunakan untuk aktivitas pencurian ikan (ilegal fishing) di perairan Kepulauan Riau (Kepri).

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Sekretaris Direktur Jendral PSDKP yang sekaligus Plt Dirjen PSDK Antam Novambar mengatakan, terlaksananya penenggelaman 10 kapal tersebut merupakan kerja sama yang baik antara KKP dan kejaksaan.

“Tujuan kita tiada lain hanya satu untuk mengamankan kekayaan laut kita dan mudah mudahan kerja sama ini terus meningkat,” Kata Antam Novambar di Pulau Air Raja, Batam.

Antam mengatakan bahwa proses penenggelaman kapal menunggu proses hukum yang cukup lama karena proses penyidikan harus inkrah kemudian baru bisa ditenggelamkan.

“Kalau kita tangkap lalu kita tenggelamkan gimana? Kita punya asas praduga tak bersalah, kita negara hukum, berdasarkan hukum, menenggelamkan juga harus berdasarkan hukum,” tambahnya.

Semua kapal yang di tenggelamkan di perairan Batam sudah memiliki ketetapan hukum (inkrah). 10 kapal yang ditenggelamkan terdiri dari 9 kapal berbendera Vietnam KG 95786 TS, BD 30919 TS, BD 30942 TS, KG 94376 TS, KG 94654 TS, TG 9481 TS, TG 9437 TS, KARANG 6, dan 1 kapal berbendera Malaysia yaitu SLFA 4654.

Kesepuluh KIA tersebut merupakan hasil tangkapan Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan Perikanan sejak tahun 2000.

Tak hanya itu, saat ini juga ada beberapa kapal lagi yang masih bersandar. Ada sekitar 27 kapal sitaan negara yang bersandar di Kepri. Kondisinya masih bagus dan proses hukumnya sudah inkrah.

D For GAEKON