Kasus Covid-19 Melonjak, India Dihebohkan Vaksin Palsu Larutan Garam

0

Kasus Covid-19 Melonjak, India Dihebohkan Vaksin Palsu Larutan GaramGaekon.com – India tengah dihebohkan dengan vaksin palsu ditengah melonjaknya kasus Covid-19. Setidaknya 2.500 orang yang menjadi korban vaksin palsu tersebut.

Berdasarkan data yang dilaporkan BBC, sekitar 2.000 warga di Mumbai disuntik dengan vaksin Covid-19 yang ternyata adalah larutan garam. Tak hanya itu, sekitar 500 orang yang diantaranya penyandang disabilitas juga menjadi korban vaksin palsu di Kolkata.

Polisi telah menangkap 10 orang yang diduga menawarkan vaksin palsu Covid-19. Diantaranya termasuk 2 dokter di rumah sakit swasta di Mumbai. Di Kolkata, polisi berhasil menangkap satu orang yang mengaku sebagai aparatur sipil negara. Ia diduga menjalankan 6 pusat vaksinasi Covid-19.

Seorang warga mengaku bahwa ia tak menaruh curiga dengan adanya vaksin palsu tersebut. Ia hanya memikirkan bagaimana caranya mendapatkan vaksin sebelum diserang gelombang ketiga pandemi corona.

Kronologi Vaksin Palsu Terbongkar Di India

Awalnya, vaksin Covid-19 palsu ini terbongkar setelah polisi menerima laporan dari politisi setempat. Pasalnya, pihaknya sempat mendapat suntikan vaksin Covid-19 yang ternyata larutan garam tersebut.

Jumlah total kasus Covid-19 di India menembus 29 juta. Ini menjadi yang tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat yang mencatat lebih dari 33 juta kasus. Angka kematian tercatat lebih dari 300.000 orang, yang tertinggi ketiga, setelah AS dan Brasil.

Pemerintah setempat juga telah menargetkan suntik vaksin seluruh warga pada akhir 2021. Namun program ini terkendala dengan kelangkaan pasok dan keengganan warga untuk menerima suntikan.

Pemerintah berencana menggunakan vaksin Covid-19 versi lokal, Novavax, yang akan diproduksi oleh Serum Institute of India (SII). Vaksin Novavax ini lebih dari 90 persen efektif dalam uji coba klinik tahap akhir di Amerika Serikat, kata SII. Pemerintah juga sudah memesan 300 juta dosis vaksin Novavax dari perusahaan India, Biological E.

D For GAEKON