Indonesia Batalkan Pemberangkatan Haji, Dubes Saudi: Bukan Karena Hubungan Buruk Maupun Soal Vaksin Covid-19

0

Indonesia Batalkan Pemberangkatan Haji, Dubes Saudi: Bukan Karena Hubungan Buruk Maupun Soal Vaksin Covid-19Gaekon.com – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi menegaskan bahwa pemerintah RI membatalkan pemberangkatan Haji bukan karena hubungan kedua negara ini tak baik maupun berkaitan dengan vaksin Covid-19.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Dubes Syekh Essam menemui Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan mengonfirmasi hal itu.

“Masalah pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia,” ujar Al-Thaqafi seperti tertera dalam siaran pers MUI, Selasa (8/6).

Syekh Essam juga menegaskan bahwa pembatalan ini tak ada kaitannya dengan vaksin Covid-19 yang digunakan Indonesia.

“Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media,” terangnya.

Tak hanya di Indonesia, Pihak Saudi hingga saat ini belum mengirimkan undangan haji ke negara mana pun. Bahkan Saudi sendiri belum mengumumkan detail penyelenggaraan haji 2021.

“Ini tidak lain karena jika dilaksanakan, ibadah haji tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19,” demikian kutipan siaran pers MUI.

Menteri Media Saudi, Majid Al-Qasabi, mengatakan bahwa Saudi masih menyelesaikan penilaian mengenai tantangan yang akan dihadapi penyelenggaraan ibadah haji karena Covid-19. Pihak Saudi baru akan mengumumkan detail penyelenggaraan haji 2021 dalam beberapa hari ke depan.

Ia juga mengatakan bahwa Saudi tengah menindaklanjuti perkembangan pandemi Covid-19. Pihaknya tidak ingin haji tahun ini menjadi episentrum penyebaran penyakit di Kerajaan atau di dunia Muslim.

Belakangan, memang sempat muncul kekhawatiran karena Saudi hanya memperbolehkan negara pemakai vaksin tertentu, dan di dalamnya tak termasuk Sinovac.

D For GAEKON