500.000 URL Terhapus, Indonesia Jadi Negara Paling Sering Ajukan Hapus Konten Di Google

0

500.000 URL Terhapus, Indonesia Jadi Negara Paling Sering Ajukan Hapus Konten Di GoogleGaekon.com – Google mengungkap daftar negara di dunia yang paling sering mengajukan permintaan menghapus konten. Indonesia menjadi negara yang berada di urutan pertama.

Melansir dari Kompas, Indonesia tercatat telah meminta Google untuk menghapus lebih dari 500.000 URL. Indonesia menjadi negara paling sering mengajukan permintaan untuk menghapus konten dari Google selama periode Januari hingga Juni 2021.

Hal ini terbukti dalam laporan Google berjudul “Content Removal Transparency Report” yang dirilis pekan lalu.

500.000 URL tersebut umumnya berisi website judi dan melanggar undang-undang. Adapun jenis konten yang diminta Indonesia untuk dihapus oleh Google diantaranya seperti konten yang mengandung unsur pelecehan agama, ujaran kebencian dan kekerasan, konten vulgar, blog, Google Docs, situs web, Google Play Apps, hingga kanal YouTube.

Vice President of Trust and Safety Google, David Graff, mengatakan bahwa laporan transparansi ini menunjukkan adanya peningkatan jumlah permintaan untuk menghapus konten-konten yang dianggap melanggar aturan dari masing-masing negara.

“Laporan transparansi kali ini selama periode Januari hingga Juni 2021, menunjukkan volume tertinggi yang pernah kami lihat untuk dua kategori penilaian itu hingga saat ini,” tutur Graff.

Faktor tingginya permintaan untuk penghapusan konten juga dilandasi oleh regulasi masing-masing negara yang mengatur penyebaran informasi di ranah online.

Indonesia diikuti oleh sembilan negara lainnya yaitu Rusia, Kazakhstan, Pakistan, Korea Selatan, India, Vietnam, Amerika Serikat, Turki, dan Brazil.

Selain itu, Google juga merinci kategori lain sebagai negara yang paling sering meminta hapus konten. Untuk kategori ini, Rusia menduduki posisi pertama. Sementara, posisi kedua sampai urutan ke-10 ditempati oleh India, Korea Selatan, Turki, Pakistan, Brazil, Amerika Serikat, Australia, Vietnam, dan Indonesia.

D For GAEKON