Jadi Mitra Dagang Penting, Indonesia Tingkatkan Kerja Sama Dengan Somalia

0

Jadi Mitra Dagang Penting, Indonesia Tingkatkan Kerja Sama Dengan SomaliaGaekon.com – Indonesia kini sepakat meningkatkan kerja sama dengan Somalia. Hal ini guna meningkatkan hubungan ekonomi dan sosial budaya keduanya.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Duta Besar Indonesia untuk Somalia Mohamad Hery Sarifudin menegaskan bahwa Indonesia dan Somalia perlu meningkatkan hubungan bilateral.

“Indonesia dan Somalia perlu meningkatkan hubungan bilateral,” tegasnya kepada Presiden Somalia, Mohamed Abdullahi Mohamed.

Pertemuan keduanya merupakan agenda utama dari kunjungan Hery ke negara itu. Hery datang ke Somalia untuk menyerahkan surat kepercayaan (letter of credentials) kepada Mohamed, di istana kepresidenan di ibu kota Mogadishu, Selasa (21/9).

Tak hanya menyerahkan surat pernyataan, Hery dan delegasi KBRI Nairobi juga mengadakan serangkaian pertemuan dengan beberapa menteri, pejabat tinggi, para pengusaha, dan alumni Indonesia di negara itu.

“Somalia merupakan mitra dagang yang penting bagi Indonesia di kawasan Afrika Timur,” ujar Hery.

Maka dari itu, Indonesia berusaha menginisiasi pembicaraan Preferential Tariff Agreement (PTA) dengan pemerintah Somalia untuk menurunkan hambatan perdagangan antar kedua negara.

Indonesia Juga Bekerja Sama Dalam Bidang Pendidikan

Indonesia dan Somalia juga bekerja sama dalam bidang pendidikan. Pemerintah Indonesia membuka beasiswa bagi mahasiswa di negara itu sebagai salah satu bentuk kerja sama.

Somalia dikenal sebagai pengekspor berbagai hewan ternak seperti sapi, kambing, dan unta. Somalia juga merupakan salah satu eksportir daging ternak terbesar ke Arab Saudi pada musim Haji.

D For GAEKON