Ingin Sehat Nggak Harus Mahal Ya! Ini 7 Manfaat Tempe Untuk Kesehatan!

0

Ingin Sehat Nggak Harus Mahal Ya! Ini 7 Manfaat Tempe Untuk Kesehatan!

Siapa yang tidak kenal makanan ini, semuanya pasti sudah pernah mencoba, meskipun hanya mencicipi. Tempe merupakan makanan orang jawa yang terbuat dari kedelai. Meskipun makanan orang jawa, namun tempe tidak hanya dikonsumsi di Indonesia, kini sudah mulai mendunia.

Banyak orang yang menggunakan tempe sebagai pengganti daging, termasuk bagi vegetarian. Maka dari itu tempe tidak hanya di produksi di Indoneia, namun juga berbagai daerah di dunia. Biasanya banyak yang mengolah tempe ini menjadi masakan oseng tempe, tempe goreng, hingga steak tempe.

Selain rasanya yang nikmat, tempe ini juga mengandung banyak manfaat. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa tempe ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip GAEKON dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat tempe untuk kesehatan.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat tempe yang pertama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tempe yang dikenal secara umum sebagai kedelai fermentasi ini membentuk asam fitat serta berbagai macam bakteri baik, seperti probiotik.

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh dapat meningkat dengan bantuan probiotik ini. Selain itu, probiotik ini juga dapat menjaga kesehatan tulang dan usus, serta membantu melancarkan pencernaan dengan tanpa sakit.

  1. Menjaga Jaringan Otot

Tempe juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga jaringan otot. Dua potong tempe atau setara dengan 100 gram ini mengandung 19 gram protein. Jumlah tersebut memenuhi 34% kebutuhan harian protein orang dewasa. Fungsi dari protein ini adalah untuk menjaga jaringan otot tetap baik.

  1. Mencegah Osteoporosis

Selain menjaga jaringan otot, tempe dapat dimanfaatkan untuk mencegah osteoporosis. Tempe mengandung banyak kalsium dan vitamin K. Kandungan tersebut baik untuk pembentukan tulang.

Kedelai sebenarnya sudah memiliki kedua nutrisi tersebut, namun dengan adanya proses fermentasi pada tempe, dapat meningkatkan jumlah vitamin K dan mineral lainnya. Mengonsumsi tempe setiap hari ini sangat baik untuk penderita osteoporosis.

  1. Melangsingkan Tubuh

Manfaat lain dari mengonsumsi tempe ini adalah dapat melangsingkan tubuh. Menurut sebuah penelitian dari Kuala Lumpur, Malaysia menunjukkan bahwa kandungan kalsium dalam empat potong tempe dapat disandingkan dengan susu sapi.

Kandungan kalsium dalam tempe tersebut dapat berfungsi untuk membantu melangsingkan tubuh. Hal ini disebabkan kalsium berperan dalam memaksimalkan pembakaran lemak daripada menyimpannya.

  1. Mencegah Asma

Tempe dapat dimanfaatkan untuk mecegah asma. Kesehatan paru-paru sebenarnya dipengaruhi oleh serat dan asam lemak di aliran darah. Sementara itu, Tempe yang mengandung serat alami, ternyata memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat peradangan terkait respon pernapasan.

Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa serat fermentasi dari tempe dapatĀ  memperkuat sel-sel kekebalan di paru-paru untuk memiliki reaksi alergi yang lebih lemah.

  1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Selain mencegah asma, tempe dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol jahat. Tempe ini kaya akan kandungan isoflavon. Zat tersebut berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Bukan hanya itu, kandungan niacin dalam tempe juga dapat membantu tubuh dalam mengontrol jumlah kolesterol. Bagi yang kolesterolnya tinggi bisa mencoba mengonsumsi tempe setiap hari.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Tempe juga dapat dimanfaarkan untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Melansir dari IDNTimes, sebuah penelitian di Kota Bogor mengambil sampel 53 wanita menopause. Para wanita tersebut diberikan 160 gram tempe setiap harinya selama empat minggu. Jumlah tersebut setara dengan empat potong tempe ukuran sedang.

Setelah empat minggu, hasil uji statistik menunjukkan bahwa profil lipid para wanita tersebut mengalami perbaikan, yaitu turunnya kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa tempe dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Itulah beberapa manfaat dari tempe yang baik untuk kesehatan tubuh. Cara mendapatkannya juga mudah, karena tempe sudah sangat populer dan tersedia dimana-mana, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket. Selain menyimpan banyak manfaat, harganya juga relatif murah. Jadi sehat itu tidak selalu mahal ya!

KL For GAEKON