Ini Alasan Erick Thohir Angkat Said Aqil Jadi Komisaris Utama PT KAI

0

Ini Alasan Erick Thohir Angkat Said Aqil Jadi Komisaris Utama PT KAIGaekon.com – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil diangkat menjadi Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan bahwa alasan mengangkat Said Aqil menjadi Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI adalah karena memiliki pengalaman dalam pengelolaan bisnis.

Hal ini diungkapkan melalui Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Pengalaman bisnis Said diakui sangat banyak, apalagi ia sempat menjadi komisaris dalam perusahaan komiditi berjangka.

“Jadi kan KH Said Aqil itu kan juga adalah Komisaris Utama Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia atau Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX), jadi beliau sudah punya pengalaman yang banyak mengenai pengelolaan bisnis,” ujar Arya.

Arya juga mengatakan bahwa Said Aqil dinilai paham dengan pasar dari KAI. Pemahaman itulah yang membuat Menteri Erick kepincut dengan Said Aqil. Selain itu, Menteri Erick juga membutuhkan tokoh umat yang bisa membangun suasana dan akhlak yang baik bagi para direksi maupun pegawai.

“Jadi kan beliau bisa membangun nilai-nilai kebangsaan di BUMN karena beliau seorang ulama besar juga,” terangnya.

Berikut sususan Dewan Komisaris KAI yang baru:

  1. Prof Dr KH Said Agil Siroj (Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen)
  2. Riza Primadi (Komisaris Independen)
  3. Rochadi (Komisaris Independen)
  4. Diah Nataliza (Komisaris)
  5. Chairul Anwar (Komisaris)
  6. Pungky Sumadi (Komisaris)
  7. Criss Kuntadi (Komisaris)
  8. Freddy Haris (Komisaris)

Penunjukkan Said Aqil Siradj berdasarkan pada Salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-64/MBU/03/2021 tanggal 3 Maret 2021. Dalam surat itu, Kementerian BUMN mengangkat Said Agiel Siradj sebagai Komisaris Utama merangkap sebagai Komisaris Independen KAI.

D For GAEKON