Siap Mudik? Ini Aturan Terbaru Naik Kereta Api Jarak Jauh

0

Siap Mudik? Ini Aturan Terbaru Naik Kereta Api Jarak JauhGaekon.com – Para penumpang kereta api jarak jauh kini dikabarkan boleh berangkat tanpa melakukan tes Antigen atau PCR.

Melansir dari Jpnn, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyampaikan aturan terbaru naik Kereta Api (KA) jarak jauh.

Eva menerangkan bahwa calon penumpang KA yang boleh berangkat tanpa melakukan tes Antigen atau PCR adalah yang sudah mendapatkan vaksin booster.

“Kebijakan terbaru ini telah diterapkan menjelang masa angkutan Lebaran,” ujar Eva.

Eva meminta calon penumpang untuk memperhatikan kembali sejumlah aturan terbaru naik kereta api jarak jauh sebelum melakukan pemesanan tiket. Berikut aturan terbaru naik Kereta Api Jarak Jauh:

  1. Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19
  2. Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam
  3. Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam
  4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam
  5. Penumpang KA dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Dianjurkan Booster Minimal Sehari Sebelum Naik Kereta

Untuk diketahui, PT KAI Daop 1 Jakarta juga memberikan layanan vaksinasi dosis ke 1 sampai dengan dosis ke 3 di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan jam layanan mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.

Eva mengimbau bagi penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh dan ingin menggunakan layanan vaksin booster hendaknya dilakukan sehari sebelum keberangkatan.

“Sebaiknya tidak melakukan proses vaksin di stasiun pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatan atau selambatnya satu hari sebelum jadwal keberangkatan,” turur Eva.

D For GAEKON