Ini Kata Astronom Soal Benda Mirip Meteor Yang Jatuh Di Puncak Gunung Merapi

0

Ini Kata Astronom Soal Benda Mirip Meteor Yang Jatuh Di Puncak Gunung MerapiGaekon.com – Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo mengungkapkan hasil analisanya tentang benda mirip meteor yang jatuh di Puncak Gunung Merapi beberapa waktu lalu.

Menurut Marufin, benar telah terdeteksi sebuah meteor-terang (fireball) yang seakan-akan menumbuk puncak Gunung Merapi. Peristiwa tersebut terdeteksi pada Kamis 27 Mei 2021 pukul 23:01 WIB.

“Berdasarkan dua dokumentasi tersebut dan dengan memperhitungkan fitur-fitur khas di sekitar puncak Gunung Merapi, maka untuk sementara ini saya menyimpulkan meteor-terang tersebut berkedudukan di atas Laut Jawa sebelah selatan Kepulauan Karimunjawa,” kata Marufin.

Marufin mengatakan bahwa meteor terang itu seakan akan memang menumbuk puncak Merapi, karena berada di dalam garis pandang di antara titik pengamatan menuju ke posisi meteor. Meteor itu terekam pada altitude 16-17 derajat.

“Meteor-terang itu tidak jatuh ke paras Bumi. Maka tidak jatuh pula di puncak Gunung Merapi. Posisi meteor-terang tersebut juga sangat jauh dari Gunung Merapi, yakni sejauh antara 130 hingga 140 km. Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan,” imbuhnya.

Secara statistik, meteor-terang dengan magnitudo -4 akan terlihat setiap 20 jam sekali. Sedangkan, meteor-terang dengan magnitudo -6 akan terlihat setiap 200 jam sekali.

“Jadi meteor-terang merupakan fenomena yang cukup banyak dijumpai,” kata dia.

Marufin menyimpulkan bahwa meteor-terang tersebut berasal dari meteoroid bergaris tengah antara 15 cm hingga 75 cm (massa antara 7 hingga 800 kg).

Sebelumnya, benda yang diduga mirip meteor itu jatuh di Puncak Gunung Merapi Pada Kamis (27/5). Gambar tersebut viral setelah diunggah pertama kali oleh akun instagram @Gunarto_Song.

Gunarto tak sengaja merekam ketika tengah melakukan pemotretan ‘long exposure’ Gunung Merapi dan tiba-tiba muncul cahaya berkelebat berwarna kehijauan yang menjulang vertikal ke langit sekitar pukul 23.00 WIB pada malam itu.

D For GAEKON