Inilah Strategi Justin Gaethje Lumpuhkan Khabib di UFC 254

0

Inilah Strategi Justin Gaethje Lumpuhkan Khabib di UFC 254Gaekon.com – Akhir pekan ini juara UFC kelas ringan Khabib Nurmagomedov bakal kembali bertarung. Justin Gaethje muncul sebagai penantang terbaru Khabib di UFC 254.

Gaethje memiliki strategi khusus untuk menaklukkan Khabib. Ada beberapa hal yang bisa dipastikan Gaethje agar tak begitu saja termakan strategi Khabib.

Upaya Gaethje bertahan dari takedown Khabib adalah salah satu bagian menarik dari duel di UFC 254. Disiplin ilmu gulat jadi bekal terbaik bagi Gaethje untuk meladeni takedown Khabib.

Dari pertarungan terdahulu, Gaethje sukses menahan takedown lawan dengan kekuatan kaki miliknya. Ia berhasil bertahan dan tak berada di posisi di bawah ketika takedown dilakukan.

Namun menggagalkan satu kali takedown dari Khabib bukan berarti kerja Gaethje sudah sukses. Hal terpenting adalah Gaethje harus bisa terus-menerus menahan upaya takedown Khabib.

Dari statistik UFC, Khabib punya rata-rata takedown per tiga menit. Khabib bahkan pernah mencatat 30 takedown dalam satu laga yaitu ketika menghadapi Edson Barboza.

Gelombang takedown ini yang harus dihadapi Gaethje dengan seluruh kekuatan kuda-kuda miliknya. Sekali saja goyah dan jatuh dalam posisi tak menguntungkan, Gaethje bakal berada dalam kondisi bahaya.

Stamina dan fisik Gaethje bakal berperan penting. Ia harus punya kekuatan untuk bertahan selama 25 menit andai duel berlangsung hingga ronde kelima.

Dalam beberapa wawancara terdahulu, Gaethje mengatakan bahwa gulat miliknya tidak terlalu banyak digunakan di MMA lantaran sangat menguras tenaga. Selain itu, Gaethje juga tipe yang percaya bahwa adu pukulan adalah hal yang membuat pertarungan menghibur dan disukai penonton.

Karena itu Gaethje kemungkinan besar bakal memaksa ritme laga ini berada pada kondisi standing fight. Dalam pertukaran pukulan, Gaethje masih harus menghadapi keganasan pukulan dan tendangan Khabib.

Saat laga berlangsung dalam standing fight, Gaethje belum pasti menang namun setidaknya presentase keberhasilannya bakal lebih besar.

Rekor 19 kemenangan KO/TKO dari 22 kemenangan jadi bukti bahwa hantaman Gaethje cukup membahayakan.

Dengan jangkauan yang sama, duel Khabib dan Gaethje benar-benar ditentukan kecepatan dan timing yang pas untuk melepaskan pukulan.

Leg kick bakal jadi permulaan yang bisa dilakukan oleh Gaethje. Selain untuk menggoyahkan kaki Khabib, leg kick juga berfungsi untuk mengumpulkan poin andai duel berlangsung hingga ronde kelima.

Pertarungan kemungkinan besar bakal berputar dalam rotasi berupa: Khabib melakukan takedown-Justin Gaethje coba bertahan dan membawa laga kembali ke standing fight-Khabib kembali lakukan takedown. Hal itu yang mungkin berpeluang terjadi.

Jika duel terlalu lama berlangsung dalam posisi ground fighting, Gaethje bakal mengalami kerugian. Meski ia tak melakukan tap out, Gaethje bakal kehilangan kesempatan untuk melepaskan pukulan dan tidak bisa mengumpulkan poin sebagai antisipasi laga belum menemukan pemenang hingga akhir ronde kelima.

Satu hal lain yang mungkin juga bisa jadi pertimbangan, Gaethje telah mempersiapkan kejutan rahasia dengan meladeni duel ground fighting dan mengalahkan Khabib lewat teknik gulat yang selama ini jarang diperlihatkan.

K For GAEKON