Istri Firli Ciptakan Mars Dan Hymne KPK, Novel Baswedan: Hal Itu Yang Selalu Dihindari Di KPK

0

Istri Firli Ciptakan Mars Dan Hymne KPK, Novel Baswedan: Hal Itu Yang Selalu Dihindari Di KPKGaekon.com – Lagu mars dan hymne KPK yang telah disahkan Kementerian Hukum dan HAM mendapat kritikan dari Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Melansir dari Jawapos, Untuk diketahui, lagu tersebut diciptakan istri Ketua KPK Firli Bahuri, Ardina Safitri.

Novel mengkritisi keterlibatan pihak keluarga dalam kinerja pemberantasan korupsi di markas antirasuah.

“Firli membuat kebiasaan di KPK dengan melibatkan keluarga untuk urusan dinas di KPK. Hal tersebut yang selalu dihindari di KPK sejak pertama kali didirikan,” kata Novel.

Menurut Novel, hal-hal seperti itu harus dihindari, terlebih dilakukan oleh Ketua KPK. Novel tak memungkiri, pelibatan keluarga dalam suatu kelembagaan negara berpotensi menimbulkan konflik kepentingan.

“Karena bisa konflik kepentingan, dan bisa merambat ketika kepentingan pihak tertentu dititipkan melalui keluarga, yang kemudian bisa menjadi masalah serius,” ungkap Novel.

Novel menegaskan bahwa pada dasarnya, KPK secara kelembagaan milik bangsa, bukan milik keluarga. Ia sangat menyayangkan sikap Firli Bahuri yang melibatkan pihak keluarga dalam bekerja di KPK.

“Jadi, sangat disayangkan Firli mengubah upaya-upaya pendiri KPK dalam rangka menjaga integritas,” sesal Novel.

Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo Harahap juga mengatakan tindakan Firli sangat berpotensi konflik kepentingan.

“Hal ini seharusnya bisa dihindari ya karena berpotensi conflict of interest, sebab Firli Bahuri merupakan Ketua KPK, apalagi lagu ini tentang mars dan hymne KPK lembaga yang dipimpin Firli. Tentu akan banyak pertanyaan bagaimana bisa lagu karya istrinya dijadikan hymne dan mars KPK?” terangnya.

Yudi berpendapat jika memang harus terdapat mars dan hymne KPK, sebaiknya tidak melibatkan pihak keluarga.

Yudi menegaskan, sejak KPK berdiri tak diindahkan pelibatan keluarga dalam kerja-kerja pemberantasan korupsi. Hal ini semata untuk menjaga integritas bagi setiap insan KPK.

Sementara itu Ketua KPK Firli Bahuri mengklaim, lagu mars dan hymne KPK akan semakin menambah kebanggaan. Karena setiap insan KPK dalam melaksanakan tugasnya penuh semangat karena didorong oleh kecintaan pada Ibu Pertiwi.

D For GAEKON