Istri Ini Alami Dilema, Pilih Suami Atau Ibu Kandung

0

Istri Ini Alami Dilema, Pilih Suami Atau Ibu KandungGaekon.com – Kreator TikTok @zaraelmecca membuat sebuah video ketika seorang istri mendapat kabar ibunya sakit dan ingin sekali menemuinya. Namun niat menjenguk itu sempat ditolak oleh suaminya.

“Ibu atau suami yang lebih diutamakan atau didahulukan?” tulis Zara dalam videonya.

Saat itu, Zara mendapat telepon dari bapaknya yang mengabari kalau ibunya sakit dan langsung dirawat di rumah sakit. Mendapat kabar itu, Zara langsung mengatakan kepada bapaknya akan segera menemui mereka di rumah sakit.

“Halo pak, apa? Ibu masuk rumah sakit? Iya, kakak segera ke sana ya pak,” kata Zara saat mengangkat telepon bapaknya.

Zara pun bergegas ke kamar untuk merapikan koper dan memasukkan beberapa pakaian untuk perjalanan menemui ibunya yang masuk rumah sakit. Setelah semuanya rapi, Zara kemudian minta izin kepada suaminya untuk pergi menemui ibunya di rumah sakit, namun sang suami tak mengizinkannya.

“Mas, ibu masuk rumah sakit. Aku minta izin pergi ke sana ya mas,” tutur Zara meminta izin ke suaminya.

“Ga usah. Aku gak ngizinin udah di rumah aja,” jawab suaminya.

“Tapi mas,” sahut Zara memohon izin.

Zara pun tampak sedih karena tidak bisa menemui ibunya yang dirawat di rumah sakit. Dia kembali ke kamar dan mengabari bapaknya jika tak bisa segera menemui ibunya yang dirawat di rumah sakit.

“Maaf pak, kakak belum bisa ke sana sekarang,” ucap Zara kepada bapaknya via sambungan telepon.

Melihat istrinya sedih, sang suami langsung menemui Zara. Dia sadar jika sikapnya melarang istri untuk menemui dan mendampingi ibunya yang sedang sakit adalah keliru.

“Dek, maafin mas ya. Udah jangan nangis lagi. Ayo mas anter ke rumah sakit,” ungkap sang suami.

Dalam postingan Zara juga diselipkan sebuah ayat yang terdapat dalam kitab Tuhfatul Habib ‘ala Syarhil Khathib yang ditulis oleh Sulaiman al-Bujairimi yang menjelaskan mengenai situasi ibu atau suami mana yang harus didahulukan?

“Suami boleh melarang istrinya untuk menjenguk kedua orangtuanya, menyaksikan jenazah keduanya atau anaknya. Sedang yang lebih utama adalah ia (suami) tidak melakukan larangan tersebut,” arti ayat tersebut.

Video ini pun viral dan sudah ditonton lebih dari 1,1 juta kali. Netizen juga setuju dengan pesan tersirat yang disampaikan melalui video Zara.

“Istri yang baik akan mengutamakan suaminya. Tapi, suami yang baik akan membuat istrinya lebih mengutamakan orangtua istrinya daripada dirinya,” komentar Melia.

“Tapi ada kisah loh aku pernah denger pas di pengajian. Ayahnya masuk surga karena ketaatan anak terhadap suaminya,” sahut Lasa Run.

“Memang kita harus patuh sama orangtua kalau kita belum menikah, tapi sesudah nikah kita harus patuh sama suami karena jalan menuju surga ada pada suami,” timpal Rahmi Ayu Daulay Sei.

K For GAEKON