Jadi Joki Vaksin, Status Abdul Rahim Naik Dari Saksi Ke Tersangka

0

Jadi Joki Vaksin, Status Abdul Rahim Naik Dari Saksi Ke TersangkaGaekon.com – Pria yang mengaku menjadi joki vaksin di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Abdul Rahim (49) kini statusnya ditingkatkan.

Melansir dari Detik, Abdul mengaku telah disuntik vaksin Covid-19 sebanyak 17 kali. Polisi kini menetapkan tersangka usai memeriksanya selama kurang lebih 7 jam.

“Saudara Abdul Rahim kita naikkan statusnya dari saksi menjadi tersangka dengan dugaan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 4 tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular junto Pasal 13b Perpres Nomor 14 tahun 2021 tentang Penanggulangan Wabah COVID-19,” kata Kasat Reskrim Polres Pinrang, AKP Deki Marizaldi.

Abdul diperiksa di ruang penyidik Tipiter Satreskrim Polres Pinrang, Rabu (29/12) siang. Deki menyebut penetapan tersangka terhadap Abdul Rahim berdasarkan bukti-bukti dari keterangan sejumlah saksi mulai dari pengguna jasa hingga petugas vaksinator dan pihak Dinas Kesehatan Pinrang.

“Dari keterangan para saksi yang menjadi pengguna jasa, tersangka aktif menawarkan diri untuk menggantikan mereka dengan imbalan sejumlah uang, kemudian kasus ini juga oleh dinas kesehatan dianggap menghambat proses vaksinasi,” ucapnya.

Namun, Abdul tidak ditahan meski ditetapkan sebagai tersangka. Ia hanya dikenakan wajib lapor oleh pihak kepolisian.

“Dia hanya dikenakan wajib lapor karena ancaman hukumannya 1 tahun,” terangnya.

Sudah Menjadi Joki Vaksin Selama 3 Bulan

Sebelumnya, kasus Abdul ini terbongkar usai dirinya membuat video pengakuan. Abdul sendiri mengakui telah 3 bulan menjadi joki vaksin Covid-19. Dia mengaku disuntik vaksin jenis Sinovac dan AstraZeneca.

Abdul mendapatkan bayaran dari pihak yang diwakilinya. Motif Abdul menjadi joki vaksin ini lantaran kebutuhan ekonomi.

D For GAEKON