Jadi Kasus Pertama Di Dunia, Pria Di China Ini Terinfeksi Virus Flu Burung H10N3

0

Jadi Kasus Pertama Di Dunia, Pria Di China Ini Terinfeksi Virus Flu Burung H10N3Gaekon.com – Seorang pria di Provinsi Jiangsu, Barat Laut Shanghai, China terinfeksi Virus Flu Burung H10N3. Ini menjadi kasus pertama di dunia penularan virus flu burung pada manusia.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan bahwa pria berusia 41 tahun itu telah dirawat di rumah sakit sejak 28 April 2021. Sejauh ini belum ada kasus H10N3 pada manusia lain yang dilaporkan.

Pemerintah setempat mengatakan bahwa risiko penyebaran skala besar virus H10N3 pada manusia masih rendah. Sebelumnya penularan virus flu burung dari hewan ke manusia disebut relatif jarang terjadi.

Melansir Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, jenis flu burung H10N3 merupakan virus yang paling umum terjadi pada burung air liar di seluruh dunia.

Virus ini dapat menginfeksi unggas domestik serta spesies burung dan hewan lainnya. Biasanya, H10N3 ini tidak menginfeksi manusia, tetapi CDC mengatakan infeksi silang memang bisa terjadi. Proses penularan virus ini dari hewan ke manusia.

Burung yang terinfeksi akan mengeluarkan virus flu burung melalui air liur, lendir, dan kotoran mereka. Setelah itu, manusia dapat terinfeksi ketika cukup banyak virus masuk ke mata, hidung, atau mulut, atau terhirup dari tetesan atau debu yang terinfeksi.

Cara terbaik untuk mencegah infeksi virus flu burung A adalah dengan menghindari sumber virus. Sementara, orang yang pernah kontak dengan unggas yang terinfeksi dapat diberi obat antivirus influenza untuk pencegahan.

D For GAEKON