Jadi Pro Kontra, Jepang Bangun Patung Cumi Raksasa Dengan Dana Covid-19 Senilai Rp3,5 Miliar

0

Jadi Pro Kontra, Jepang Bangun Patung Cumi Raksasa Dengan Dana Covid-19 Senilai Rp3,5 MiliarGaekon.com – Patung cumi-cumi raksasa di Jepang ini menuai kritik. Pasalnya, patung raksasa ini dibangun dengan dana penanggulangan Covid-19. Tak main-main, total biaya yang digunakan yaitu sebesar 27 juta yen (Rp3,5 miliar).

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Pemerintah salah satu kota di Jepang, Noto mengatakan bahwa patung raksasa itu dibangun untuk menggenjot kembali pariwisata kota di tengah pandemi Covid-19.

“Pariwisata di kota kami sangat rusak akibat corona. Kami ingin melakukan sesuatu untuk mendukung industri lokal,” ujar seorang pejabat Kota Noto.

Patung sepanjang 13 meter itu dibangun pada Maret lalu. Sebagian warga tak setuju dengan adanya patung tersebut. Apalagi pembangunannya menggunakan dana publik.

“Ini sangat aneh. Hal yang tidak jelas lainnya adalah mengapa patung ini patut dibiayai [dengan dana Covid]. Sangat salah menghabiskan pajak untuk hal yang tak penting. Wali kota dan politikus lokal harus membayarnya,” kata seorang warga.

Patung cumi-cumi itu disebut telah menghabiskan biaya sebesar 27 juta yen (Rp3,5 miliar). Pejabat Kota Noto bisa membuktikan bahwa patung tersebut memang benar bisa menarik perhatian publik.

Banyak orang datang ke tempat patung itu berdiri dalam beberapa waktu belakangan. Pejabat itu mengatakan bahwa banyak anak-anak bermain di atas patung itu. Selain itu banyak pula yang berfoto untuk mengabadikan momennya.

Sebagian warga ada juga yang mendukung pembuatan patung ini. Mereka bahkan berharap pemerintah tak menghancurkan patung tersebut.

“Putri saya akan kesana untuk piknik pada musim semi mendatang. Saya harap mereka tak menghancurkannya,” kata seorang warga Jepang di Twitter.

D For GAEKON