Jadi Sumber Penularan Covid-19, Ini Cara Membuang Masker Sekali Pakai Yang Benar!

0

Jadi Sumber Penularan Covid-19, Ini Cara Membuang Masker Sekali Pakai Yang Benar!Gaekon.com – Masker sekali pakai banyak menjadi pilihan masyarakat saat ini. Pasalnya masker ini sangat praktis digunakan, bahkan mereka tak perlu mencucinya, hanya perlu membuangnya ke tempat sampah kemudian diganti dengan yang lain.

Pada umumnya, mereka yang menggunakan masker sekali pakai akan langsung membuang ke tempat sampah setelah memakainya. Mungkin, banyak yang belum tahu bahwa sebelum membuangnya ke tempat sampah, alangkah baiknya melakukan disinfeksi terhadap masker.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Medcom, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat melakukan disinfeksi terhadap masker sekali pakai sebelum membuangnya ke tempat sampah.

Hal ini dikarenakan masker yang digunakan berpotensi menjadi sumber penularan covid-19 maupun penyakit menular lainnya. Ketua Sub Bidang Penanganan Limbah Medis Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Lia G. Partakusuma mengatakan bahwa masker yang dibuang tanpa penanganan khusus akan menjadi sumber penularan.

“Kalau pakai masker, kita enggak tahu kita membawa virus atau tidak. Kalau ada, nanti tertampung di masker itu dan kalau dibuangnya sembarangan atau tidak ditangani secara khusus bisa menjadi sumber penularan,” terangnya.

Lia mengatakan masker sekali pakai harus melewati proses disinfeksi untuk menghilangkan virus. Setelah melewati proses disinfeksi, masker sekali pakai tersebut harus dihancurkan dengan cara digunting.

Masker harus dimasukkan ke dalam wadah khusus, seperti kertas atau amplop bertuliskan ‘infeksi’ sebelum dibuang ke tempat sampah khusus.

Lia menyebut 80-90 persen pengguna masker sekali pakai masih membuang masker di tempat sampah biasa. Hal ini sebenarnya dapat membahayakan lingkungan sekitar.

“Berdasarkan penelitian, covid-19 bisa bertahan di permukaan masker selama kira-kira 3-4 hari. Ini yang berbahaya bagi petugas pengumpul atau pengolah sampah,” ujar Lia.

Selain masker sekali pakai, Lia juga mengatakan bahwa masker kain juga harus melewati proses disinfeksi untuk menghilangkan virus.

Masker kain yang digunakan harus diganti setiap empat jam sekali. Untuk cara membersihkannya, setelah melewati proses disinfeksi, masker kain dapat dicuci dengan detergen dan digunakan kembali.

D For GAEKON