Jalani Setengah Masa Hukuman, Lucinta Luna Dapatkan Asimilasi Covid-19 Dan Bebas

0

Jalani Setengah Masa Hukuman, Lucinta Luna Dapatkan Asimilasi Covid-19 Dan BebasGaekon.com – Lucinta Luna dapatkan asimilasi Covid-19 sehingga bebas dari Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Lucinta Luna telah menjalani pidana setengah masa hukumannya. Menurut Kepala Humas dan Protokol Direktorat Jendral Pemasyarakatan, Rika Aprianti, Lucinta Luna mendapatkan asimilasi karena ia dinyatakan memenuhi syarat.

“Dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan substantif untuk menerima asimilasi di rumah dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19,” kata Rika.

Rika mengatakan bahwa asimilasi Covid-19 yang diberikan pada Lucinta Luna dari Rutan Kelas I Pondok Bambu ini berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 32 Tahun 2020.

Secara administratif, Lucinta Luna telah membayar denda senilai Rp 10 juta. Sementara itu, Penilaian substantif terhadap Lucinta Luna karena berperilaku baik selama menjalani pidana di Rutan Kelas I Pondok Bambu.

Sebagaimana putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta nomor 472/PID.SUS/2020/PT.DKI dengan tanggal ekspirasi 10 Agustus 2021.

“Yang bersangkutan menjalankan asimilasi berada di bawah bimbingan dan pengawasan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Barat,” kata Rika.

Rika menegaskan terhadap Lucinta Luna belum dinyatakan bebas murni dan masih dalam pengawasan Bapas Kelas I Jakarta Barat. Seluruh kegiatan pengeluaran asimilasi di rumah bagi Lucinta Luna ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Sebelumnya, Lucinta Luna oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat dijatuhi vonis 1 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 10 Juta.

D For GAEKON