Jalani Tes Kesehatan, 188 WNI Tiba Di Pulau Sebaru

0
Jalani Tes Kesehatan, 188 WNI Tiba Di Pulau Sebaru

Jakarta – 188 WNI langsung melakukan tes kesehatan begitu tiba di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta Jumat sore 28 Februari 2020. Mereka adalah WNI yang dievakuasi dari kapal pesiar World Dream oleh KRI Soeharso terkait wabah virus Corona.

Pemeriksaan kesehatan di pulau tak berpenghuni itu merupakan lanjutan selama perjalanan ke Pulau Sebaru. “Cek kesehatan, mengambil sampel darah yang kemarin belum selesai di kapal, kita lanjutin di darat,” kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono, di Pulau Serabu Kecil.

Mereka langsung disemprot cairan disinfektan ketika mendarat pertama kali di Pulau Sebaru Kecil. Usai itu mereka diberi pakaian baru dan langsung masuk ke kamar yang sudah disiapkan.

Yudo memberikan keterangannya bahwa ada 763 petugas gabungan yang bertugas. Mereka diterjunkan dalam observasi para WNI yang berlangsung selama 14 hari. “Yang berada di dalam sini sekitar 230-an orang, standby di ring 1, ring 2, pendukung, maupun pendamping,” ucapnya.

Di pulau itu juga disediakan rumah sakit mini. Ruang isolasi juga dipersiapkan untuk mendukung proses observasi 188 WNI itu.

“Juga ada psikolog, serta 4 dokter spesialis yang disiapkan, spesialis paru, jantung, anestesi dan penyakit dalam,” ucap salah seorang petugas kesehatan di Pulau Sebaru Kecil, Dokter Erlan Samoedro.

KRI Soeharso tiba di perairan Pulau Sebaru Kecil pada Jumat siang pukul 13.15 WIB. mereka baru dipindahkan menggunakan Landing Craft Utility (LCU) milik TNI sekitar pukul 16.30 WIB untuk selanjutnya ke Pulau Sebaru Kecil.

Selain 188 WNI ABK World Dream, sedianya Pulau Sebaru Kecil juga menjadi lokasi observasi terhadap 68 WNI ABK Kapal Pesiar Diamond Princess. Saat ini 23 orang tim evakuasi sudah terbang ke Jepang untuk menjemput mereka dan diperkirakan tiba kembali di Tanah Air, Minggu 1 Maret 2020.

K For GAEKON