Jangan Lewatkan Momen Merkurius dan Venus Saling Berdekatan

0
Jangan Lewatkan Momen Merkurius dan Venus Saling Berdekatan

Gaekon.com – Bulan Mei akhir-akhir ini, Bumi sedang dihadirkan oleh banyaknya peristiwa luar angksa. Salah satunya adalah, setelah matahari lockdown karena mengalami penurunan aktivitas, kali ini giliran Merkurius dan Venus yang akan tampak berdekatan di langit Indonesia.

Tahukah kalian, bahwa peristiwa mendekatnya Merkurius dan Venus disebut sebagai konjungsi, di mana kedua benda langit yang teramati dari Bumi memiliki jarak sudut minimum dan berada pada bujur epliptika yang sama.

Menurut dari keterangan Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di situs resminya, konjungsi Merkurius-Venus akan terjadi pada Jumat, 22 Mei 2020, pukul 15.49 WIB dengan jarak sudut pisah sebesar 53 detik busur, hampir dua kali diameter tampak Bulan.

Meski dimulai sejak sore, pertemuan Merkurius-Venus baru dapat diamati sobat Gaekoners yang tinggal di area Indonesia bagian barat dan tengah selepas Matahari terbenam. Tepatnya diarah barat daya dekat Konstelasi Auriga. Sedangkan untuk area di Indonesia bagian timur, sobat Gaekoners dapat mengamati fenomena ini tepat pada pukul 17.49 WITA pada arah yang sama.

Kepada tim GAEKON Sains (21/5), Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin mengatakan, “Saat maghrib di ufuk barat, Venus dan Merkurius berada pada posisi yang berdekatan. Dalam kondisi cuaca cerah bisa dilihat dengan mata telanjang. Waktu tidak lama. Sekitar pukul 18.30 keduanya terbenam,”

Adapun ketika Merkurius berkonjungsi dengan Venus, maka pada saat itulah Merkurius berjarak 162 juta kilometer dari Bumi sedangkan Venus berjarak 46 juta kilometer dari Bumi.

Z For GAEKON