Jaringan Telkomsel 3G Di Sejumlah Daerah Sudah Mati

0

Jaringan Telkomsel 3G Di Sejumlah Daerah Sudah MatiGaekon.com – Jaringan Telkomsel 3G di sejumlah daerah mulai dimatikan. Telkomsel kini mulai melakukan proses pengalihan (upgrade) jaringan 3G ke 4G LTE.

Melansir dari Kumparan, Tahap pertama migrasi jaringan sudah dilakukan secara bertahap per bulan Maret 2022 di 90 kota/kabupaten yang mencakup 766 kecamatan di Indonesia.

Peningkatan jaringan ke 4G ini bukan berdasarkan provinsi, namun dari kecamatan yang pemakaian jaringan 3G dan traffic-nya yang sudah kurang.

“Kami melihat berdasarkan daerah yang pelanggan 3G-nya sudah kurang, memang mereka sudah upgrade ke 4G. Itu yang kami prioritaskan,” Kata Vice President Radio Access Network (RAN) Engineering and Project Telkomsel, Akhmad.

Beberapa daerah yang diketahui sudah melalui proses peningkatan jaringan ini adalah Kabupaten Mimika di Papua, kabupaten Toli-Toli di Sulawesi Tengah, dan Kabupaten Indramayu di Jawa Barat.

Setelah tahap pertama upgrade ke 4G LTE, Telkomsel akan melanjutkan tahap kedua pada Juni hingga Juli 2022 di 132 kota/kabupaten.

Migrasi jaringan berlanjut di 178 kota/kabupaten pada Agustus hingga Oktober 2022, dan 104 kota/kabupaten pada November sampai dengan Desember 2022.

Sebelum eksekusi dilakukan operator telah melakukan persiapan, mulai dari sisi teknis, sosialisasi kepada pelanggan, termasuk menyediakan layanan ganti kartu SIM lama ke 4G agar proses proses upgrade tidak mengurangi kenyamanan komunikasi pelanggan.

Setelah jaringan 3G dimatikan, masyarakat dapat menggunakan jaringan 2G untuk kebutuhan komunikasi suara dan SMS.

Sementara untuk penggunaan mobile data atau internet, masyarakat diminta untuk menggunakan jaringan 4G atau 5G untuk pengalaman yang lebih stabil.

“Untuk layanan suara itu bisa jaringan 2G. Ngapain pakai 3G. Untuk data pakai jaringan 3G itu nggak realiable. Lebih baik pakai 4G atau 5G,” ujar Direktur Network Telkomsel Nugroho di Jakarta, dalam acara Switch Up 3G to 4G Telkomsel.

D For GAEKON