Jelang Lebaran, Harga Bahan Pangan Disejumlah Pasar Naik, Daging Sapi Tembus Rp160 Ribu Per KG

0

Jelang Lebaran, Harga Bahan Pangan Disejumlah Pasar Naik, Daging Sapi Tembus Rp160 Ribu Per KGGaekon.com – H-4 menjelang lebaran, harga bahan pangan di sejumlah pasar di Jakarta kembali naik.

Melansir dari CNN, kenaikan harga tersebut terjadi pada daging sapi, telur hingga bawang merah. Seperti contohnya di Pasar Warung Buncit, Jakarta Selatan, harga daging sapi tembus Rp160 ribu per kilogram (kg).

Padahal, beberapa hari sebelumnya harga daging sapi masih di angka Rp150 ribu per kg. Iyus (52), mengatakan kenaikan terjadi seiring dengan semakin dekatnya hari raya.

“Penjualan tetap lancar, pembeli lumayan ramai menjelang lebaran. Walaupun ada yang protes, tapi mau bagaimana lagi dari sananya sudah mahal,” ujarnya.

Kemudian untuk daging ayam 1,3 kg naik dari Rp38 ribu menjadi Rp45 ribu per ekor. Telur ayam juga mengalami kenaikan dari Rp25 ribu menjadi Rp27 ribu per kg.

Harga bawang merah juga melonjak hingga Rp50 ribu per kg. Padahal, sebelumnya komoditas ini dijual seharga Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per kg.

Bawang putih cutting naik dari Rp40 ribu menjadi Rp44 ribu pe kg. Cabai rawit merah juga naik dari Rp30 ribu menjadi Rp40 ribu per kg. Cabai merah keriting naik dari Rp40 ribu menjadi Rp50 ribu per kg. Sedangkan, harga cabai merah melambung hingga Rp80 ribu per kg dari yang sebelumnya Rp60 ribu per kg.

Kemudian di Pasar Mampang Prapatan Jakarta Selatan, daging sapi dihargai Rp150 ribu per kg alias masih sama dengan harga kemarin.

“Sekarang ayam naik pas mau Lebaran. Habis Lebaran biasanya turun lagi,” kata Inem (60) penjual daging ayam.

Ia mengaku saat ini penjualan masih stabil. Meski harganya naik, pembeli tetap membayar karena daging ayam merupakan menu wajib saat Idul Fitri.

D For GAEKON