Jelang Vaksin Serentak, Bio Farma Perbanyak Vaksin Covid-19 Sinovac

0

Jelang Vaksin Serentak, Bio Farma Perbanyak Vaksin Covid-19 SinovacGaekon.com –  Vaksin menjadi salah satu solusi untuk memutus rantai penularan Covid-19. Hari ini rencananya Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang akan divaksin. Dengan begitu, Vaksinasi akan dimulai secara serentak.

Mulai awal tahun ini, PT Bio Farma mulai memperbanyak produksi vaksin Covid-19. Menurut Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir, pihaknya akan memperbanyak produksi vaksin Covid-19 merek Sinovac pada 14 Januari 2021.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Untuk bahan baku (bulk) produksinya, pemerintah sudah mendatangkan 15 juta dosis bahan baku vaksin Covid-19 perusahaan asal China tersebut pada 12 Januari 2021.

Bulk yang datang akan kami segera kirim ke Bandung, diproses produksi oleh Bio Farma, dan kami akan mulai produksi pertama 14 Januari 2021 dan diharapkan akan bergulir,” ujar Basyir.

Basyir juga mengatakan bahwa perusahaan memiliki kapasitas produksi vaksin covid-19 sebesar 250 juta dosis per tahun. Perusahaan ini juga telah mengantongi sertifikat perizinan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) untuk memproduksi obat dan vaksin covid-19 dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada 30 Desember 2020 lalu.

Indonesia sendiri telah mendapatkan komitmen pengiriman bahan baku dari Sinovac sebesar 155 juta dosis. Angka itu terdiri dari komitmen awal 140 juta dosis dan tambahan 10 persen. Totalnya kurang lebih 154 juta dosis bahan baku vaksin covid-19.

“Sampai semester I kami sudah ada jadwal pengiriman dari mereka 144 juta sekian dosis sisanya akan dilakukan Juli. Jadi, ini program kami dalam 6 bulan pertama untuk produksi vaksin,” tambahnya.

KL For GAEKON